Kab. Bogor

Pilkada 2024, Minggu Ini KPU Kabupaten Bogor Akan Lantik PPS

BOGOR-KITA.com, CISEENG – Setelah Pilpres dan Pileg, pesta demokrasi berlanjut dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024.

Pada Pilkada, rakyat memiliki hak untuk memilih pemimpin daerah, yaitu memilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.

Di Kabupaten Bogor, tahapan dan persiapan pelaksanaan Pilkada 2024 terus dilakukan oleh KPU Kabupaten Bogor. Pembentukan Badan Adhoc seperti PPK dan PPS terus dilaksanakan berjenjang.

Setelah melantik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), di minggu ini, rencananya KPU Kabupaten Bogor akan segera melantik Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa atau kelurahan.

“Insya allah hari Minggu (26/5) akan ada pelantikan PPS. Lokasi nya di gedung PMLI Gadog Ciawi,” ungkap M. Adi Kurnia, Ketua KPU Kabupaten Bogor, Kamis (23/5/2024).

Baca juga  Penggagas Data Desa Presisi IPB University Harapkan Peran Keluarga menuju Keberhasilan SDGs Desa

Ia menjelaskan, sebelumnya telah dilantik sebanyak 200 anggota PPK dari 40 Kecamatan. Artinya dari tiap kecamatan ada 5 orang yang menjadi anggota PPK.

Sedangkan untuk anggota PPS, yang rencananya akan dilantik pada hari Minggu nanti berjumlah 1.305 orang yang berasal dari 416 desa dan 19 kelurahan dari semua wilayah Kabupaten Bogor.

“Jumlah PPS yg akan di lantik nanti sebanyak 1.305 petugas. Berasal dari 416 desa serta 19 kelurahan. Jadi dari tiap desa dan kelurahan jumlahnya 3 orang,” ujar M. Adi Kurnia.

Sebagai informasi, tugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yaitu bertanggung jawab atas kegiatan penyelenggaraan Pilkada di tingkat kecamatan.

Sedangkan tigas dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) yaitu mengurusi teknis pemungutan suara di tingkat desa atau kelurahan. [] Fahry

Baca juga  KPU Kabupaten Bogor Apresiasi Mathlaul Anwar
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top