Kota Bogor

Peringati HUT Bhayangkara ke-75, Polresta Bogor Kota Gandeng Kadin Gelar Festival Film Pendek

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Polresta Bogor Kota bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Bogor, menggelar festival film pendek Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Festival film pendek yang diikuti puluhan peserta itu digelar dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-75, dengan tujuan untuk meningkatkan sektor ekonomi pada UMKM di masa pandemi ini.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menuturkan, pada momen HUT Bhayangkara ke-75 tahun 2021 ini, Polresta Bogor Kota ingin merangkul dan mengajak seluruh masyarakat maupun komunitas melalui kreatifitas di tengah pandemi Covid-19.

“Kami ingin HUT Bhayangkara ini sebagai hari masyarakat bukan hari polisi, karena polisi itu dari masyarakat. Pesan kami di 75 tahun ini ingin memperlihatkan bahwa polisi bukan hanya mengungkap kejahatan melainkan bisa memberdayakan produktifitas masyarakat. Percuma kalau cuma aman saja tetapi tidak ada produktifitasnya,” ungkap Susatyo saat penilaian di Hotel The Mirah, Jalan Pangrango, Kelurahan Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Senin (28/6/2021).

Susatyo menilai dalam situasi pandemi ini harus menjadikan sebagai tantangan dan peluang untuk berkreasi dan sebagainya.

Menurut Susatyo, semua orang memiliki mimpi yang sama yakni ingin mewujudkan Kota Bogor yang semakin maju, aman dan produktif masyarakatnya. Prinsipnya, semua bisa bekerjasama dalam menghadapi pandemi ini, percepatan penanganan dan pemulihan perekonomian.

Baca juga  Atang Berharap Almer Faiq Bisa Menghimpun Potensi Seluruh Anggota Kadin Kota Bogor

“Semoga kegiatan ini menjadi semangat dalam kepedulian terhadap UMKM. Terimakasih kepada semua pihak yang terlibat, Kadin Kota Bogor, Diskop UKM, Disparbud dan lainnya. Semoga ini bisa bermanfaat bagi semuanya,” katanya.

Sementara, Ketua Kadin Kota Bogor, Almer Faiq Rusydi, mengatakan, dalam kondisi pandemi sekarang ini, kebanyakan orang mengalami masa-masa sulit contoh, seperti orang kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan mereka akhirnya memilih untuk berdagang atau usaha dengan prinsip UMKM.

“Nah sementara teman-teman di UMKM ini pastinya butuh wadah untuk memperomosikan usaha jualan mereka ini. Dan ini salah satu usaha kita dari Kadin untuk mewujudkan itu,” kata Almer.

Bertepatan pada momentum HUT Bhayangkara lanjut Almer, Kadin Kota Bogor ingin membantu UMKM agar bisa mempromosikan usahanya dengan membuat lomba festival film pendek promosi UMKM.

“Jadi bagi mereka yang berminat ikut lomba, kita minta promosikan dengan dokumentasi film pendek. Tentunya dengan lomba ini ada juaranya yaitu mulai dari 1, 2, 3 dan akan mendapatkan uang saku serta penghargaan dari kami,” jelasnya.

Baca juga  Ratusan Penonton Hadiri Nobar Film Hanya Manusia Bareng Kapolresta Bogor Kota

Selain itu, kata Almer, di setiap kesempatan Kadin Kota Bogor dengan Polres Bogor Kota akan terus berpihak pada UMKM yang ada di kota Bogor.

“Kedepan, akan banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan Kadin dengan melibatkan UMKM,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Disparbud Ekraf) Kota Bogor, Atep Budiman menuturkan, dengan adanya festival film pendek ini bisa menjadi motivasi bagi pelaku film pendek di Kota Bogor dimasa pandemi ini.

“Pandemi ini tidak menyurutkan semangat kita sebagai pelaku kreatif, semangat ini sudah di inisiasi oleh pak Kapolresta Bogor Kota,” tutur Atep.

Atep berharap, dengan adanya festival film pendek ini bisa menunjukan Kota Bogor terbuka bagi semua pelaku industri film baik sebagai venue syuting film maupun dalam mencari inspirasi, apalagi di sektor budaya Kota Bogor sedang mengalami kebangkitan.

“Kita paham betul Kota Bogor pernah berjaya saat menjadi ibukota pajajaran dulu. Nanti kita buat film sejarah Kota Bogor, karena kita punya nilai sejarah yang besar yang pernah jaya dimasanya,” ungkapnya.

Baca juga  Kecamatan Tanah Sareal jadi Lokasi Terakhir Berbagi Makanan Kadin Kota Bogor

Selain itu, dirinya juga berharap, perfilman di Kota Bogor semakin kondusif dengan mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti Polresta Bogor Kota dan Kadin Kota Bogor.

“Semoga kita bisa mengahsilkan film durasi pendek, selain memberi ruang bagi pelaku kreatif juga bisa menjadi ruang untuk mempromosikan UMKM Kota Bogor. Insya Allah kedepan kita tidak selesai sampai disini saja kita akan teruskan dan mohon dukukungan dari pihak kepolisian supaya bisa terus menghasilkan film pendek di Kota Bogor,” jelasnya.

Perlu diketahui festival film pendek dinilai langsung oleh tiga juri yang kompeten di bidangnya masing-masing.

Hadir juga dalam penilaian lomba, Kapolresta Bogor Kombes Pol Susatyo Purnomo Chondro, Waka Polresta Bogor AKBP Ferdy, Ketua Kadin Kota Bogor Almer Faiq Rusydi, Kepala Disparbud Ekraf Kota Bogor Atep Budiman, Kepala Dinas Koperasi Kota Bogor Samson Purba, Ketua PHRI Kota Bogor Yuno Abeta Lahay, Kabagops Polresta Bogor, Kasat Reskrim Polresta Bogor, Kasat Intel Polresta Bogor, dan pengurus Kadin Kota Bogor. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top