Kab. Bogor

Pengalaman Jalan-jalan ke Taman Safari Bogor

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Kabupaten Bogor, dengan pesona dan keindahan alam yang memikat menjadi tujuan liburan yang sempurna di tengah hiruk pikuk kehidupan juga padatnya kegiatan sehari-hari. Terkadang kita butuh lebih dari sekedar liburan mencari hembusan angin segar ataupun pemandangan hijau, untuk melepaskan penat.

Tetapi membutuhkan sesuatu yang baru dan pengalaman yang berbeda dari liburan biasanya. Jika anda merasa bosan dan bingung mau liburan kemana, Di Bogor ada wisata kebun binatang yang menarik untuk dikunjungi dan dijadikan wishlist untuk liburan bareng temen atau keluarga, kalau liburan kesini nggak akan nyesel dan akan jadi pengalaman yang seru banget.

Tentunya kebun binatang ini berbeda dengan kebun binatang lainnya, jika biasanya kita bisa hanya melihat-lihat binatang saja, disini anda bisa berinteraksi langsung dengan berbagai satwa di sana dan menyaksikan pertunjukan menarik.

Nama tempatnya Taman Safari Bogor, yap bisa dibilang ini merupakan taman margasatwa terbesar di Kabupaten Bogor. Taman Safari adalah pusat konservasi kelas dunia dan dinobatkan sebagai situs konservasi terbaik oleh Kementerian Kehutanan Indonesia yang terletak di Cisarua Kabupaten Bogor.

Sebelum cerita lebih lanjut ada beberapa tips sebelum anda berkunjung ke Taman Safari yang pastinya bermanfaat banget.

Pertama, anda harus mempersiapkan cemilan, makanan, dan minuman.

Jangan lupa juga bawa wortel dan pisang untuk memberi makan hewan disana. Karena akan lebih hemat nantinya.

Yang kedua jangan lupa membawa payung, karena Bogor adalah Kota hujan, yang tidak bisa diprediksi kapan akan turun hujan jadi jaga-jaga membawa payung yaa.

Tips ketiga susun jadwal kegiatan selama di taman safari biar terarah dan terstruktur, jadi nggak buang-buang waktu dan bingung mau kemana pas sampai disana.

Anda bisa lihat jadwal pertunjukannya di google atau di brosur yang diberikan di loket tiket. Tips Keempat kalo bisa berkunjung saat weekday, selain nggak macet di perjalanan, di Taman Safari juga tidak terlalu ramai dan antre.

Tetapi kalo dateng pas weekend, usahakan datangnya pagi karena menghindari kemacetan dan juga antri ketika sampai disana. Itu sedikit tips yang bisa jadi informasi sebelum kalian berkunjung ke Taman Safari. Oke gimana? Penasaran gak kegiatan apa aja yang bisa dilakukan di Taman Safari? Check this out!!

Libur lebaran 2023, saya dan keluarga memutuskan untuk berlibur ke Taman Safari Bogor. ini bukan yang pertama kali bagi kami berkunjung kesana, karena selama libur lebaran, 4 kali berturut-turut kami selalu berkunjung kesana.

Alasannya karena adik saya sangat menyukai hewan, jadi Taman Safari adalah tempat yang cocok untuk kami berlibur bersama. Sehari sebelum berangkat kami mempersiapkan cemilan dan makanan yang akan kami bawa besok, seperti pop mie, snack, permen, dan juga minuman. Tak lupa kami juga membeli wortel dan pisang untuk nantinya memberi makan hewan di sana.

Pada hari Sabtu, kami berangkat menggunakan mobil yang bensinnya sudah terisi penuh, kami berangkat pada jam 06.00 WIB, dengan perjalanan sekitar 1 jam 30 menit. Perjalanan kami menuju lokasi melalui tol. Keluar dari tol Gadog kami langsung menuju arah puncak, saat itu jalanan sudah cukup ramai tetapi tidak terlalu macet.

Baca juga  Samisade Cair Pemdes Cibalung Aspal Ribuan Meter Jalan

Biasanya jika sudah menuju siang dan hari libur jalur yang kami lewati ini cukup padat dan ada sistem buka tutup jalan. Sekitar 20 menit perjalanan setelah keluar tol tak jarang kami melihat banyak flyer dan banner promosi Taman Safari di sepanjang jalan.

Di tengah perjalanan kami melihat patung binatang besar yang berada di perempatan jalan yang menjadi jalan masuk menuju Taman Safari, tak jauh dari sana kami melewati banyak sekali pedagang yang sedang berjualan wortel dan pisang di pinggir jalan, yang menandakan kami hampir sampai di lokasi.

Jadi, bagi kalian yang tidak membawa makanan untuk binatang, tak perlu khawatir karena disepanjang perjalanan banyak yang berjualan wortel yang berukuran besar dan segar untuk anda bawa ke dalam Taman Safari. Harga wortel mulai dari Rp10.000/Ikat. Saran saya lebih baik persiapan membawa wortel dari rumah, selain harganya murah kita tak perlu repot untuk berhenti di pinggir jalan. Tak lama setelah melihat banyak penjual wortel, kita akan melihat sebuah gapura besar yang berbentuk gading gajah, artinya kita sudah memasuki area Taman Safari. Sesampainya disana Taman Safari belum buka, jadi mobil yang sudah datang diminta untuk menunggu karena Taman Safari akan dibuka pada jam 09.00 Pagi.

Kami membeli 4 tiket masuk, tiket berupa gelang yang harus dipakai selama berwisata, gelang ini  menjadi identitas pengunjung sudah membeli tiket, nantinya gelang tersebut juga dapat digunakan untuk menaiki wahana permainan yang ada disana. Selain itu kami juga mendapatkan peta lokasi untuk menuntun menjelajahi Taman Safari. Memasuki pintu masuk kami tidak perlu turun dari mobil, ini adalah experience yang bagus menurut saya karna kami tidak perlu repot turun naik mobil. Tetapi tenang saja bagi yang tidak membawa mobil, disana akan disediakan bus yang dapat mengajak anda berkeliling untuk melihat dan juga berinteraksi dengan hewan.

Saat masuk suasana disana seperti hutan, karena Taman Safari memang dirancang seperti lingkungan asli hewan-hewannya. Hewan pertama yang kami lihat adalah flamingo yang sangat cantik dengan postur yang tinggi dan kurus dibalut dengan bulu berwarna pink muda. Selanjutnya hewan gajah yang dapat kami berikan maknanan berupa pisang. Selanjutnya kami berinteraksi memberi makan hewan lainnya seperti rusa, kuda, zebra, unta, monyet, binturong, juga kudanil. Beberapa hewan tidak bisa kami berikan makan karena jaraknya yang terlalu jauh dari mobil seperti orang utan, juga jerapah.

Setelah melewati hewan hewan tadi, kami memasuki wilayah hewan buas, Dimana area ini dibatasi dengan gerbang besar yang dapat terbuka dan tertutup secara otomatis. Kami diperingatkan oleh papan papan informasi jika tidak boleh membuka kaca sedikitpun apalagi keluar dari mobil.

Baca juga  Satgas Covid Desa Tamansari Bagikan APD dan 10.000 masker ke RT/RW

Menurut saya ini adalah bagian paling menegangkan sekaligus seru karena dapat melihat hewan-hewan buas secara langsung dengan lebih dekat.

Seperti Singa, tak heran jika disebut sebagai raja singa karena memang ukurannya yang besar dan juga gagah. Selain itu ada harimau, cheetah, dan juga beruang madu. Di dalam pikiran saya beruang madu adalah hewan lucu yang menyayangi anak kecil seperti dalam kartun Marsha, tetapi tidak, beruang memiliki badan tinggi dan lebih besar daripada manusia ternyata termasuk hewan buas. Kami berkeliling sekitar 1 jam lebih. Setelah puas melihat dan memberi makan hewan kami langsung mencari tempat parkir mobil karena setelah ini kami akan menonton banyak pertunjukan juga presentasi edukasi hewan.

Jam menunjukkan Pukul 10.15 WIB maka kami memutuskan untuk berjalan menuju pertunjukan Lumba-lumba (Dolphin Show) pada pukul 10.30 WIB. Kami duduk di teater paling depan karena ingin melihat lebih dekat. pertunjukannya disajikan dengan sangat seru dengan menmpilkan atraksi hewan yang pintar mengikuti instruksi, pintar bernyanyi, juga pintar berhitung. Setelah selesai menonton kami menuju  Baby zoo yang berisi hewan hewan kecil nan lucu. Setelah itu kami menuju area burung dan melihat berbagai jenis burung disana. Selanjutnya kami menonton pertunjukan harimau (Tiger show) menontonnya sangat tegang tetapi seru. Sudah menonton pertunjukan hewan dan berkeliling kami memutuskan untuk makan siang agar tetap semangat untuk kegiatan selanjutnya. Disana sudah tersedia foodcourt yang menu makanannya lengkap seperti Caravan Resto, Rainforest Restaurant, Safari Bento, Panda Restaurant, Rimba Food Court, Safari Kuring, Café Onta, dan drive thru yang menjual roti. Sehingga tidak perlu bingung jika tidak membawa makanan dari rumah. Setelah makan kami melaksanakan solat dzuhur di mushola terdekat. Fasilitas yang disediakan disini sangat lengkap dan tersebar baik itu toilet, mushola maupun restoran.

Setelah selesai solat kami menuju tempat wahana yang ada disana, saya tidak mencoba semua wahana, hanya menaiki histeria dan kora-kora. Semua wahana di area ini dapat dicoba, Tentunya tidak perlu bayar lagi alias gratis karena harganya sudah termasuk dalam tiket masuk. Tetapi sayang, setiap wahana hanya dapat dinaiki sekali saja. Puas mencoba wahana disana, kami langsung bergegas untuk menonton cowboy show, ini merupakan pertunjukan yang sangat saya sukai selama berlibur kesini, selain jalan ceritanya yang menarik, para aktornya yang keren, hewan hewan disana juga ikut terlibat dalam pertunjukkan. Api yang menyala, penampungan air yang bocor, juga rumah roboh semua dilakukan secara nyata sehingga menjadi daya tarik tersendiri dari pertunjukan ini. Setelah selesai menonton cowboy show kami diarahkan menuju tempat souvenir, disana tersedia berbagai souvenir kebun Binatang seperti boneka, tas, topi, baju, sendal, gantungan kunci, bando dan lain lain. Harganya juga tidak terlalu mahal mulai dari Rp50.000 saja.

Baca juga  Penularan Covid-19: Bojonggede Terbanyak 18 Orang

Tidak selesai di situ saja, masih ada satu hewan yang belum kami kunjungi yaitu panda. Tempat panda sangat jauh karena kami harus naik keatas menggunakan bus, sehingga kami menaiki shuttle bus yang telah disediakan. Tidak memakan waktu yang cukup lama sekitar 10 menit kami sudah sampai di istana panda. Disana tempatnya luas dan cukup dingin. Kami melihat panda di dalam kandang kaca yang sedang memakan bambu. Betul saja, ternyata panda memang hewan yang lucu. Di Istana panda tidak hanya ada panda yang berwarna hitam putih saja, tetapi juga ada Panda merah yang memiliki tubuh kecil dan imut berwarana oren kemerahan. Beda dengan panda yang dikandang kaca, kami bisa berinteraksi, memberi makan dan juga berfoto dengan panda merah, dengan tarif Rp75.000,- saja. Suasana di Istana panda sangat sejuk dan memiliki pemandangan alam pegunungan yang sangat indah. Rasanya saya tidak mau pulang karena terlalu betah disini.

Jam sudah menunjukkan pukul setengah 5 sore, maka kami bergegas menuju shuttle bus terparkir untuk kembali ke tempat parkir mobil, karena jam 5 Taman Safari akan tutup. Setelah sampai di mobil kami istirahat sejenak sambil memakan pop mie dan cemilan yang kami bawa dari rumah. Setelah selesai kami memutuskan untuk pulang. Sungguh pengalaman yang menyenangkan dan mengasyikkan. Datang kesini setiap hari pun rasanya tidak akan pernah bosan hehehe. Nah, sekarang aku mau spill harganyaa nihh!

Untuk tarif tiket masuk Taman Safari pada Weekdays dijual dengan harga Rp230.000,- dan untuk weekend dijual dengan harga Rp255.000,- Harga tersebut sudah termasuk  Safari Journey, Istana Panda, 20 wahana permainan, 7 Exhibit satwa, dan 9 pertunjukan menarik.

Dengan harga tersebut menurut saya wisata ini sangat worth it untuk dikunjungi oleh teman maupun keluarga. Karena disana kita bisa berinteraksi dan memberi makan dengan berbagai jenis binatang yang ada di Indonesia, hewannya bersih, sehat dan juga terawat, selain itu sudah bisa menaiki wahana yang ada di dalam dan juga fasilitas yang disediakan disana sangatlah lengkap. Hampir saja lupa, bagi anda yang tidak ingin pulang-pergi, di puncak sudah banyak tersedia penginapan, bahkan di Taman Safari sendiri sudah menyediakan penginapan yang tidak jauh jaraknya yaitu Royal Safari Garden, hotel mewah dengan nuansa alam.

Nah, seru banget kan perjalanan wisata ke Taman Safari Bogor, Jadi tunggu apalagi? tertarik ga untuk berkunjung ke Taman Safari bersama teman, keluarga ataupun pasangan?? Taman Safari Bukan cuma wisata biasa tapi wisata dengan pengalaman luar biasa, yang dapat me-refresh badan dan pikiran anda dari hiruk pikuk kehidupan dan kegiatan yang padat setiap harinya. [] Widya Astuti, Mahasiswa Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB University

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top