Penandatanganan kesepakatan kerjasama antara Pemkot Bogor dengan Bukalapak

Pemkot Bogor Teken Kerjasama dengan Bukalapak

BOGOR-KITA.com – Mulai hari ini Kamis (24/4/2019) masyarakat Kota Bogor dapat membayar pajak daerah termasuk pajak bumi dan bangunan (PBB) secara online melalui Bukalapak.  Inovasi terbaru ini lahir dari kerjasama strategis Bukalapak dan pemerintah kota Bogor demi mendorong perekonomian dan pembangunan daerah melalui penguatan penerimaan pajak.

Kerjasama ini dituangkan dalam nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama yang ditandatangani Achmad Zaky selalu founder dan CEO Bukalapak dan Bima Arya Walikota Bogor.

Pembayaran pajak daerah secara online melalui Bukalapak diharapkan dapat membantu memaksimalkan pendapatan daerah melalui dana pajak dan mendorong optimalisasi pembangunan kota Bogor.

 Menurut Bima Arya kolaborasi pemerintah dan elemen masyarakat melalui teknologi pintar sangat diperlukan untuk percepatan dan pemerataan pembangunan daerah. 

“Cukup banyak potensi penerimaan daerah yang dapat digali dengan keterlibatan Civil Society di sektor digital,” kata Bima selagi mendemonstrasikan pembayaran pajak daerah online di Bukalapak.

Tahun 2018 potensi pajak potensi objek PBB di kota Bogor mencapai 257.465 objek pajak dengan nilai Rp 139,3 miliar namun realisasi penerimaan PBB hanya 141.280 pajak dengan nilai Rp 96,6 miliar. 

Artinya terdapat sekitar Rp 42,7 miliar atau sekitar 30,6% yang belum terbayar.Jumlah dana PBB yang tidak masuk penerimaan badan pendapatan daerah setiap tahun juga terus meningkat.

Achmad Zacky selaku CEO dan Founder  dari Bukalapak menegaskan bahwa kerjasama strategis ini adalah bagian dari komitmen Bukalapak untuk mendorong realisasi e-government di berbagai daerah.

 “Kami memiliki tim sosial dan kemasyarakatan yang mendedikasikan waktu energi dan pikirannya untuk mengembangkan berbagai inovasi teknologi pintar bagi daerah-daerah yang menginginkan adanya saluran yang efektif dan efisien untuk mendorong perekonomian dan pembangunan daerah melalui penguatan pendidikan pajak,” jelas Zacky.

Selain Pembayaran pajak secara online kerja sama ini juga mencakup peluncuran program Bukabike di kota Bogor.

Melalui program ini, Bukalapak akan menyiapkan 10 buah sepeda yang disimpan di lingkar luar Kebun Raya Bogor. Seluruh sepeda ini diperuntukkan sebagai fasilitas yang dapat digunakan para pengunjung kebun raya.

Sebagai tempat alternatif untuk keluarga dalam waktu libur, Kebun Raya Bogor telah memiliki beberapa fasilitas umum seperti  mobil wisata, layanan wifi gratis sebagai penunjang wisata.

“Bukabike  adalah tambahan fasilitas dari Bukalapak yang bertujuan mendorong sektor pariwisata daearah. Melalui fasitilatas ini, pengunjung dapat menggunakan sepeda untuk mengelilingi Lingkar Luar Kebun Raya Bogor,” tambah Zacky. [] Admin / Rilis Bukalapak



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *