Pemkab Bogor menargetkan pembuatan 12 juta masker melalui BUMDES di 416 desa. Desa Bojongsempu Kecamatan Parung bahkan sudah memulai produksi sejak awal covid-19 merebak.

Pemkab Bogor Gerakkan 416 Desa Produksi 12 Juta Masker

BOGOR-KITA.com, PARUNG – Target Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk membuat 500 juta masker, ditindaklanjuti Pemkab Bogor dengan menargetkan pembuatan 12 juta masker yang akan diproduksi oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Ade Jaya Munadi saat dikonfirmasi media ini. Dia menjelaskan, program pembuatan masker tersebut akan dilakukan oleh Bumdes yang ada di 416 desa se-Kabupaten Bogor. “Sumber anggarannya dari Dana Desa. Namun, pengadaan masker ini merupakan anggaran di luar dari penggunaan dana desa yang sudah dialokasikan sesuai kebutuhan,” ungkap Ade Jaya Munadi, Senin (14/9/2020).

Kepala DPMD menjelaskan, terlebih dahulu pemdes harus menghitung berapa sisa anggaran yang sudah dialokasikan untuk penanganan covid, pembangunan infrastruktur, BLT dana desa dan lainnya. Dia menambahkan, pengadaan masker ini dilakukan oleh Bumdes dengan melibatkan masyarakat atau pelaku UMKM setempat. “Jadi nanti desa tidak diperkenankan beli dari luar desa. Kami juga terus mendorong masyarakat yang ekonomi nya mampu untuk menyumbang,” tutup Ade Jaya.

Baca juga  2 Orang ASN Pemkab Bogor yang di-OTT masih Tahap Penyelidikan

Terpisah, Camat Parung Yudi Santosa yang dikonfirmasi tentang program pembuatan masker di wilayahnya, mengaku bahwa dirinya sudah memberikan informasi dan imbauan untuk hal tersebut. Menurutnya, Kecamatan Parung menargetkan pembuatan 100.000 masker. “Tapi saya tidak bisa memutuskan, karena anggaran ada di pemerintah desa. Tapi banyak Pemdes sudah membuat masker sejak saat awal – awal covid. Insya allah target tersebut tercapai,” tutupnya. [] Fahry



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *