Bupati Bogor Ade Yasin saat membuka  rapat kerja Himpunan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Bogor Tahun 2020, di Hotel Dirga, Cisarua, Kabupaten Bogor,  Senin (14/9/2020).

Ade Yasin: Orang Tua Jadi Pendidik Utama di Masa Pandemi

BOGOR-KITA.com, CISARUA – Orang tua harus menjadi pendidik pertama dan utama di masa pandemi.

Penegasan ini dikemukakan Bupati Bogor Ade Yasin saat membuka  rapat kerja Himpunan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Bogor Tahun 2020, di Hotel Dirga, Cisarua, Kabupaten Bogor,  Senin (14/9/2020).

Ade Yasin mengemukakan kondisi terkini penanganan covid-19 di Kabupaten Bogor per tanggal 13 September 2020, di mana probable  29 orang; suspek  246 orang; positif aktif  414 kasus; total terkonfirmasi positif 1179 kasus, sembuh 717 kasus dan  meninggal 42 kasus.

Dikatakan, jumlah kasus positif masih terus meningkat, oleh karena itu saya berharap kita semua bisa terus menjaga disiplin menerapkan pola bersih hidup sehat (phbs), mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan mengupayakan jaga jarak untuk memutus rantai penyebaran covid-19

“Dalam situasi seperti ini, guru PAUD perlu menjangkau dan menjalin interaksi intensif dengan orang tua untuk menumbuhkan kesadaran pada orang tua akan urgensi orang tua sebagai pendidik pertama dan utama, sehingga sangat perlu terlibat aktif dalam proses pendidikan  karakter pada anak di usia dini melalui penerapan kebiasaan-kebiasaan yang baik sehari-hari atau proses parenting,” kata Ade Yasin.

Baca juga  Bupati Bogor Lantik 4 Pejabat Setingkat Kepala Dinas

Prinsip kebijakan pendidikan di masa pandemi covid-19, imbuh Ade Yasin, adalah kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat.

Ade Yasin menambahkan, sebagai organisasi profesi yang menghimpun pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini berkontribusi penting dalam upaya pembangunan karakter anak usia dini pada masa golden age (masa keemasan).

“Di tengah tantangan ini, saya berharap agar Himpaudi dapat terus berinovasi mengembangkan cara-cara baru sistem edukasi yang kreatif dan berdaya ungkit tinggi bagi optimalisasi potensi anak-anak khususnya selama pandemi ini,” kata Ade Yasin.

Dalam kesempatan itu, Ade Yasin mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya  kepada stakeholder pendidikan atas kontribusi selama ini, sehingga Kabupaten Bogor pada tahun 2019 mengalami  peningkatan indeks pendidikan, baik RLS (rata-rata lama sekolah), HLS (harapan lama sekolah), dan indeks membaca. [] Hari

 



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *