Kab. Bogor

Pemilihan Duta Anti Narkoba dalam Rangka Selebrasi P5 Kurikulum Merdeka di SMP Islam Al Azhar 28 Cibinong

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menerapkan peraturan kebijakan baru terkait dengan acuan kurikulum yang digunakan dalam proses pembelajaran di Sekolah, yaitu Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka ialah kurikulum yang menekankan pada suatu inovasi dalam pembelajaran yang bertujuan mengembangkan potensi dan minat belajar peserta didik.

Implementasi dari penerapan kurikulum merdeka adalah giatnya pelaksanaan program P5 ( Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) SMP Islam Al Azhar 28 Cibinong,  melaksanakan salah satu poin indikator penilaian dalam kurikulum merdeka, kali ini menyelenggarakan  program P5 dengan merujuk dimensi karakter “Bangunlah Jiwa dan Raganya”.

Bentuk pelaksanaan dari dimensi tersebut, SMP Islam Al Azhar 28 Cibinong membuat suatu rangkaian kegiatan sebagai aspek pemahaman bermakna yang nantinya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Khususnya dalam ranah pergaulan remaja dewasa. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh murid SMP Islam Al azhar 28 Cibinong yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 25 November 2023, peserta  yang terlibat  terdiri dari kelas 7,8, dan 9 SMP.

Baca juga  Iwan Setiawan Segera Menjadi Bupati Bogor Definitif

Demi  menambah pengetahuan dan informasi murid tentang dampak negatif dari  bahayanya mengkonsumsi narkotika dan obat-obatan  terlarang. SMP Islam Al azhar 28 Cibinong bekerja sama dengan “Badan Penyuluh Narkoba Ahli Muda Deputi Bidang Pencegahan BNN” melakukan penyuluhan sebagai bentuk upaya penanggulangan ‘say no to drugs’. (rangkaian kegiatan)

Menurut Imamudin S.Pd, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMP Islam Al Azhar 28 Cibinong, tujuan diadakannya kegiatan ini agar generasi muda khususnya peserta didik yang ada di Sekolah SMP Islam Al Azhar 28 Cibinong memahami tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, dan dapat menjauhi diri  dari hal-hal yang dapat membahayakan jiwa dan raga baik secara fisik maupun psikis.

Baca juga  Komisi III DPRD Kabupaten Bogor Sorot Lambatnya Pengerjaan Jalan Pondok Udik – Karihkil

Selain mengadakan kegiatan penyuluhan informasi tentang bahaya narkoba, SMP Islam Al azhar 28 Cibinong juga melakukan  pemilihan duta anti narkoba sebagai bentuk apresiasi sekolah terhadap murid yang berperan aktif dan cakap dalam seluruh rangkaian kegiatan yang dilakukan. Sebanyak 6 kandidat terpilih lalu disaring dalam 4 besar. Salah satu duta yang terpilih dan menjadi juara 1 dalam adu kecakapan informasi, yang disampaikan oleh beberapa panelis yang telah ditetapkan oleh sekolah, adalah Khalifatur Adly.

Kegiatan P5 kali ini sangatlah tepat  dan berkesan , karena peran remaja dapat menentukan masa depan bangsa Indonesia. Kebanggaan yang besar dirasakan oleh Adly karena berhasil meraih dan terpilih menjadi duta anti narkoba SMP Islam Al Azhar 28. “Sebagai duta anti narkoba nantinya dapat mengajarkan kepada anak-anak muda baik di lingkungan Sekolah mapun lingkungan luar,  mengenai dampak dan bahayanya jika mengkonsumsi narkoba. Maka dari itu peran duta antinarkoba sangatlah diperlukan,” tutur Adly. [] Penulis : Khoiriah Safitri, S.Pd

Baca juga  Vokasi UI Ajak Pelaku UMKM Gunakan Aplikasi Digital untuk Pencatatan Keuangan
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top