Pelajar Kota Bogor Diberi Pencerahan Soal Narkoba

BOGOR-KITA.com – Bertempat di Graha Pool, Bagian Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Kota Bogor menyelenggarakan acara penyuluhan tentang bahaya narkoba bagi warga masyarakat dan pelajar Kota Bogor.

Acara yang diikuti oleh para pelajar, organisasi kemasyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan aparatur wilayah itu, dibuka oleh Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman. Kurang lebih ada 250 orang hadir mengikuti acara tersebut dengan antusias.

Dalam sambutannya, Usmar menyampaikan, betapa bahayanya penyalahgunaan narkoba. “Narkoba satu kata yang mudah diucapkan, tetapi dapat membuat masa depan suram,” jelas Usmar, Kamis (31/10).

Letak geografis Indonesia yang sangat strategis terletak di posisi silang sangat menguntungkan dari sisi niaga. Tetapi, imbuhnya, juga mengundang bahaya karena potensial dijadikan tempat transaksi narkoba.

Masalah narkoba sendiri, katanya lagi, saat ini sudah berkembang menjadi masalah yang endemik di tengah masyarakat. “Tekanan ekonomi, lemahnya seseorang dalam menghadapi permasalahan hidup dan juga kurangnya ibadah, ditambah pengaruh buruk dari teman adalah pintu masuk seseorang untuk memakai dan menyalahgunakan narkoba,” ujar Usmar.

Karena itu pula, pinta Usmar, masyarakat harus terlibat secara nyata dan aktif dalam penanggulangan masalah narkoba, karena masyarakatlah yang tahu secara persis bagaimana keadaan dan kondisi masyarakat yang sesungguhnya.

Ada empat golongan masyarakat yang dapat berperan aktif dalam penanggulangan bahaya penyalahgunaan narkoba. Guru atau pengajar, orangtua, kaum muda dan tokoh agama serta tokoh masyarakat.

“Semua yang hadir di sini bisa berperan. Karena itu manfaatkanlah pertemuan ini sebaik-baiknya agar memiliki pengetahuan yang baik tentang bahaya narkoba,” lanjut Usmar.

Khusus untuk para pelajar, Usmar berharap, dapat menjadi agen perubahan untuk Indonesia yang lebih baik di masa mendatang.

Sedangkan, Iptu Agus Kukits dari KBO Satuan Narkoba Polres Bogor Kota yang menjadi narasumber memberi masukan secara gamplang bahaya penyalahgunaan narkoba. Tidak lupa dua menjelaskan beberapa jenis narkoba seperti ganja, putaw dan sabu. Efek yang ditimbulkan juga dijelaskan, yakni nikmat sesaat, tetapi akan membawa sengsara jiwa dan raga kelak. Tidak lupa dijelaskan mengenai hukuman pidana yang akan diterima para pemakai, pengedar dan juga produsen narkoba. [] Harian PAKAR/Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *