Kab. Bogor

Pasien Mbludak, Ruang Isolasi Penuh, dr Ongko Saran OTG Ringan Isolasi Mandiri

Suasana di pusat isolasi covid 19, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor 

BOGOR-KITA.com, KEMANG – Pasien mbludak, ruang isolasi di seluruh rumah sakit rujukan hampir penuh. Dokter Ongko Prayitno, penanggung jawab pusat isolasi covid Kemang, Kabupaten Bogor dorong pasien orang tanpa gejala atau OTG untuk melakukan isolasi mandiri.

“Di pusat isolasi pasien covid Kemang, pada bulan Desember, tempat tidur ruang isolasi juga sempat penuh. Namun saat ini, ada beberapa tempat tidur yang kosong, tapi ini khusus untuk kasus pasien covid OTG dan gejala ringan,” kata dr. Ongko Prayitno, Kamis (14/1/2021).

Dokter Ongko, sapaan akrabnya mengatakan, menyikapi hal ini, sebaiknya bagi pasien positif covid-19 orang tanpa gejala (OTG) dan pasien covid 19 dengan gejala ringan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui tata cara pelaksanaan isolasi mandiri.

Baca juga  Jokowi: Gaungkan Benci Produk Luar Negeri

“Ini penting diketahui, agar keluarga dan masyarakat tidak panik dan resah serta mampu melakukan persiapan dan melaksanakan isolasi secara baik dan benar.” Imbuhnya.

Ia membeberkan, langkah pertama yang harus dilakukan pasien positif covid OTG dan gejala ringan adalah dengan mempersiapkan berbagai kebutuhan perlengkapan pribadi seperti pakaian, alat kebersihan dan lainnya.

Termasuk perlengkapan peralatan ibadah, penyediaan obat-obatan pribadi dan persiapan perlengkapan lainnya yang diperlukan saat mengisi kegiatan selama masa isolasi mandiri seperti handphone, laptop, buku, makanan ringan, alat olahraga dan sebagainya.

“Serta memasang pengumuman dengan tulisan besar “Sedang Melakukan Isolasi Mandiri” pada pintu atau tempat yang mudah terlihat, agar pihak keluarga dan orang lain mengetahui,” bebernya.

Baca juga  Administrasi Tuntas Dana Belum Cair, Ketua Apdesi Kabupaten Bogor Sorot Banprov Jabar

Selain itu, lanjut Ongko, pasien isolasi mandiri harus tetap tinggal di rumah, selalu melaksanakan 3M yaitu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dengan benar dan menjaga jarak dengan anggota keluar lain minimal 1,5 – 2 meter.

“Pasien juga harus menggunakan kamar mandi terpisah, berjemur antara jam 7 hingga 9 pagi selama 15 menit setiap hari, melakukan olahraga ringan 15 menit setiap hari, serta beribadah dan berdo’a. Termasuk melakukan hobi yang disenangi,” jelasnya.

Dokter Ongko, menambahkan, sesaat melakukan isolasi mandiri, pasien covid positif tanpa gejala (OTG) atau dengan gejala ringan, juga harus memperhatikan pola makan teratur 3x sehari, pola tidur cukup dan teratur (7-8 jam sehari), makan sayur dan buah rutin, minum obat sesuai resep dokter, minum vitamin C,B,E dan Zinc setiap hari dan minum air putih 1,5-2 liter sehari.

Baca juga  Kemenkes Sebut Vaksin Efektif Terhadap Mutasi Virus Covid-19

“Lalu mengukur suhu badan dan mengukur saturasi oksigen setiap pagi dan sore hari. Memantau gejala yang dirasakan dan melaporkan ke puskesmas atau klinik secara berkala,” tukasnya. [] Fahry

 

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top