Nasional

Optimalisasi Dana Desa, TNP2K Dukung Pengembangan Dasbor Desa

Peluncuran Dasbor Desa

BOGOR-KITA.com, JAKARTA  – Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) turut mendukung inisiasi Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dalam mengembangkan Dasbor Desa, sebuah platform bersama antar kementerian dan lembaga dalam mengoptimalkan bagi pakai data dan informasi terkait pemanfaatan dana desa.

Plt. Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana, Sorni Paskah Daeli, menjelaskan setelah pengesahan Undang-Undang Desa, perlu ada instrumen bagi pemerintah desa dalam menggunakan dana desa untuk optimalisasi pembangunan desa menuju Desa Mandiri. Untuk itu, Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan mengembangkan menginisiasi Dasbor Desa.

Menurut Sorni, Dasbor Desa mendapat dukungan sejumlah kementerian dan lembaga diantaranya Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Baca juga  Hindari Monopoli Pelayaran, Perlu Pemisahan Pengawasan Operator dengan Regulator

“Dasbor Desa sudah lama diinisiasi,bekerja sama dengan Kemenkeu, Kemendagri, KemendesaPDTT, BPKP, TNP2K,” terang Sorni. “Dasbor Desa merupakan web bersama berbagai pakai informasi dan data,” tambahnya.

Sorni juga menegaskan, kerja sama lintas kementerian dan lembaga negara membuat Dasbor Desa menjadi kunci penyampaian informasi data aktual yang dapat digunakan oleh kementerian/lembaga dalam pengambilan kebijakan terkait pelaksanaan penyaluran dan pemanfaatan dana desa.

Dasbor Desa diresmikan penggunaannya oleh Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy pada Selasa, 31 Oktober 2023 di Gedung Heritage, Kemenko PMK. Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa pemerintah telah menyalurkan dana desa selama hampir sembilan tahun, sehingga perlu dilakukan pemantauan penggunaan dana desa guna menjamin ketepatan sasaran pemanfaatan dana desa . Dasbor Desa ini menyediakan informasi terkait anggaran, progres penyaluran dan pemanfaatan dana desa secara real-time.

Baca juga  Keistimewaan Lailatul Qadr

Menurut Muhadjir, Dasbor Desa dapat menjadi media pemantauan, khususnya mendorong penggunaan dana desa untuk penanggulangan kemiskinan perdesaan, dan kedepannya dapat menanggulangi kemiskinan dan kelaparan secara nasional, dimulai dari desa

“Dasbor desa bisa digunakan oleh lintas kementerian/lembaga negara untuk menciptakan intervensi dana desa dalam menanggulangi kemiskinan,” ujar Muhadjir.

Muhadjir berharap dengan pemantauan rutin dan pemanfaatan tepat sasaran, dana desa menjadi alat untuk menyelesaikan permasalahan di desa.

Dasbor Desa memiliki beberapa pilihan menu utama di antaranya status Dana Desa, Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa), Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa), serta berita informasi terkait dana desa. Dasbor Desa dapat diakses melalui https://dasbordesa.kemenkopmk.go.id/.

Baca juga  Ini Gebrakan Erick Thohir Benahi BUMN
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top