Kab. Bogor

Menkes di IPB: Vaksin Bukan Program Individu Tapi Program Sosial

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin

BOGOR-KITA.com, DRAMAGA – Vaksin bukan program individu tetapi program sosial.

Hal ini dikemukakan Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin (BGS) diskusi “Ngobrol Seru Bersama Menteri Kesehatan” yang diselenggarakan IDN Times dan IPB University, Minggu (17/1/2021). Diskusi ini digelar sebagai ajang edukasi dan saling sharing informasi.

Dalam diskusi tersebut, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, bahwa tujuan vaksin adalah sebagai bagian dari humanity (kemanusiaan).

“Vaksin bukan individual program tapi sebagai social program. Vaksin ini bukan hanya untuk melindungi diri kita sendiri, melainkan juga untuk melindungi generasi kita, tetangga kita, dan sekitar kita,” kata Menkes dalam rlis dari IPB University kepada BOGOR-KITA.com, Senin (18/1/2021)..

Baca juga  HIPMI Kota Bogor Bentuk HIPMI UKM Connection

Dalam kesempatan itu, Menkes juga mengemukakan bahwa hal yang paling sulit adalah menyelesaikan pandemi COVID-19.

“Setiap kali liburan panjang, terjadi lonjakan penyebaran kasus COVID-19. Naik hingga 30-40 persen. Ketika kasus naik, muncul masalah seperti kekurangan tempat perawatan, tenaga kesehatan (dokter dan perawat). Kekurangan juga terjadi pada ketersediaan dokter spesialis, terutama pada spesialisasi penyakit dalam,” ujarnya.

Sementara itu, Prof Dr Arif Satria, Rektor IPB University menyampaikan pendapatnya tentang sektor yang paling penting dalam penanganan COVID-19. Yaitu kesehatan, pendidikan, dan ekonomi (penyedia pangan).

Pendidikan sebagai pembentuk sumberdaya manusia (SDM) unggul perlu menjadi titik fokus perhatian, terutama dalam berkontribusi di sektor kesehatan.

“Di bidang kesehatan, IPB University memiliki keilmuan di bidang biomedis serta genome sequencing yang dapat berperan dalam bidang kesehatan,” ujarnya. [] Admin

Baca juga  Literasi Tahun Baru, Profit atau Defisit?
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top