Nasional

Mengapa Cuci Tangan Paling Penting Cegah Corona?

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Mengapa cuci tangan paling penting dalam mencegah penularan dari virus corona atau Covid-19? Adalah karena virus corona bisa bertahan hidup pada permukaan benda-benda yang ada di rumah, termasuk kardus belanjaan kebutuhan sehari-sehari.

Dilansir dari South China Morning Post, yang dipublikasi Senin (6/4/2020), sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Hong Kong (HKU), Coronavirus yang menyebabkan Covid-19 dapat menempel pada baja stainless dan permukaan plastik hingga empat hari. Juga dapat bertahan dan menembus bagian luar masker bedah wajah selama seminggu.

Tim juga menemukan bahwa disinfektan rumah tangga biasa, termasuk pemutih, efektif dalam “membunuh” virus.

Dikatakan, SARS-CoV-2 bisa sangat stabil di lingkungan yang menguntungkan, tetapi juga rentan terhadap metode desinfeksi standar.

Para peneliti menguji berapa lama virus bisa tetap menular pada berbagai permukaan. Pada pencetakan dan kertas tisu itu berlangsung kurang dari tiga jam, sedangkan pada kayu dan kain yang dirawat sudah hilang pada hari kedua.

Baca juga  PSBB Hari ke-39 di Jakarta: Positif Baru Turun Tajam, 49 Menjadi 6.059 Orang

Pada gelas dan uang kertas, virus itu masih terlihat pada hari kedua, tetapi sudah lewat pada hari keempat. Sedangkan pada stainless steel dan plastik, virus itu hadir selama empat hingga tujuh hari.

“Yang mengejutkan,” kata para peneliti, masih ada tingkat infeksi yang terdeteksi pada lapisan luar masker bedah setelah tujuh hari.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting jika mengenakan masker bedah tidak menyentuh bagian luarnya. Karena dapat mencemari tangan dan jika menyentuh mata, bisa memindahkan virus ke mata.

Sebuah studi oleh para peneliti Amerika tentang stabilitas lingkungan dari coronavirus yang diterbitkan bulan lalu dalam jurnal ilmiah Nature, juga menyimpulkan bahwa itu dapat tetap menular pada beberapa permukaan selama berhari-hari.

Mereka menemukan virus itu ada di plastik dan baja hingga 72 jam, tetapi tidak bertahan lebih dari empat jam pada tembaga atau 24 jam pada kardus.

Temuan dari HKU menambah pembicaraan tentang kesehatan dan arti penting kebersihan bagi masyarakat, dan tindakan pencegahan apa yang harus diambil orang saat membawa barang-barang seperti bahan makanan yang masuk ke rumah.

Baca juga  Kecemasan Ekonomi Kini Lebih Menakutkan Ketimbang Terpapar Corona

Jawabnya mencuci tangan tetap menjadi yang teratas atau yang terpenting.

“Jika ingin melindungi diri cukup hanya menjaga kebersihan, cuci tangan sering dan cobalah untuk tidak menyentuh wajah, mulut atau hidung tanpa membersihkan terlebih dahulu.

Orang-orang yang sangat khawatir mungkin lebih suka meninggalkan barang-barang yang tidak mudah rusak di tas belanja di dapur selama sehari sebelum menanganinya.

Itu memang akan mengurangi banyak virus. Tapi pesan yang paling penting adalah cuci tangan. [] Admin

 

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top