Kota Bogor

Marak Copet, Diskominfo Kota Bogor Pasang 6 CCTV di JPO Paledang

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bogor melakukan pemasangan enam CCTV di jembatan penyeberangan orang (JPO) Paledang, Senin (17/1/2022).

Pemasangan CCTV ini dilakukan untuk membuat pejalan kaki merasa aman, karena di JPO Paledang ini banyak aduan dari masyarakat aksi pencopetan.

Kepala Diskominfo Kota Bogor, Rahmat Hidayat mengatakan, pasangan CCTV ini awalnya dari aduan masyarakat melalui media sosial, pihaknya berusaha merespons aduan masyarakat tersebut.

“Ya, karena memang perlu ada peningkatan upaya keamanan publik. Hari ini kami pasang enam titik CCTV outdoor di JPO Paledang di setiap ruas tangga. Jadi ada enam ruas, jadi kami pasang di 6 titik, dua titik di jalur penyebarangan utama empat titik masing-masing di dua titik turun dan naik atau jalur kanan dan kiri,” ungkap Rahmat.

Baca juga  Dedie Rachim Harap NU Terus Kawal Pluralisme di Kota Bogor

CCTV ini, kata Rahmat akan terkoneksi langsung ke command center Diskominfo Kota Bogor. Selain itu, sambung Rahmat pihaknya juga memerlukan CCTV di titik lain, karena untuk promotif publik safety harusnya di setiap titik-titik strategis dipasang CCTV.

“Jadi kedepannya kami bisa mengajukan penambahan anggaran yang memadai untuk pemasangan CCTV di titik-titik startegis lain,” katanya.

Sementara itu, Kabid E-goverment Diskominfo Kota Bogor, Oki Tri Fasiasta menuturkan, untuk anggaran di tahun 2022 ini tidak ada anggaran untuk pembelian baru maupun pemeliharaan CCTV, sementara untuk pengadaan CCTV nanti prosesnya di perubahan anggaran.

“Untuk yang di JPO Paledang ini, kami pakai barang stock opname. Apalagi untuk pengadaan barang-barang baru, karena untuk outdoor itu harus yang memang benar-benar kuat dari angin, hujan dan panas,” jelasnya.

Baca juga  Konferensi PWI Kota Bogor Akan Digelar di Aula Mapolresta Bogor Kota

Oki menjelaskan, untuk CCTV di outdoor ini, spesifikasinya berbeda dengan CCTV di dalam ruangan,sebab jika CCTV dalam ruangan dipasang di outdoor jika kena hujan sedikit bisa hangus sirkuitnya.

“Ya, jadi memang speknya beda, harganya beda. Kemudian yang ini kan ada zoom in zoom out nya sesuai kebutuhan. Jadi mendeteksi wajah bisa lebih jelas tentunya,” terangya.

Diketahui sebelumnya, Polresta Bogor Kota telah memasang cermin di JPO Paledang Stasiun Bogor . Hal itu untuk mempersempit ruang gerak copet yang marak di lokasi tersebut.

“Nanti kami bisa pasang kaca sehingga bisa melihat orang di belakangnya. Artinya memperkecil peluang kesempatan bagi para pelaku (copet) melakukan kejahatan,” tutur Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro.

Baca juga  Baznas Kota Bogor Salurkan Dana Umat

Susatyo membeberkan, tidak hanya JPO Paledang pihaknya juga akan memonitor lokasi rawan aksi kejahatan lainnya. Termasuk menempatkan personel di daerah rawan. Daerah- daerah rawan kejahatan tentunya selain menempatkan personel, pihaknya juga membuat daerah tersebut lebih terang, lebih aman lebih terminitor sehungga masyarakat lebih nyaman.

“Saat ini di JPO stasiun, kami petakan lagi apakah ada perlu JPO lain yang dipasang untuk menghindari kerawanan tentunya kami akan evaluasi lagi,” tutupnya. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top