Kota Bogor

Libur Panjang, Bima Pantau Lalu Lintas Kota Bogor

BOGOR-KITA.com – Libur panjang yang jatuh Kamis-Minggu (5-8 Mei 2016) mendatang diperkirakan akan menimbulkan kemacetan di Kota Bogor. Mengantisipasi hal tersebut Walikota Bogor Bima Arya akan tetap berada di Kota Bogor. Bima membatalkan kunjungannya ke luar kota agar bisa memantau lalu lintas selama liburan. Tak hanya itu, Bima juga meminta petugas Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor dan Polres Bogor Kota untuk mengerahkan personilnya.
Bima mengatakan, selama empat hari ini harus ada pemantauan jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Bogor mulai dari pagi hingga malam. Pemantauan dilakukan terkait dengan sudah diberlakukannya Sistem Satu Arah (SSA). Hal ini menjadi ujian pertama SSA pada saat libur panjang di awal bulan. Belum lagi adanya sejumlah kegiatan yang akan digelar sepanjang weekend ini. Sebut saja, acara tabligh akbar di Gor Pajajaran yang akan digelar di Sabtu (7/5/2016) malam, acara gowes Komandan Kodim (Dandim) di area CFD pada Minggu (8/5/2016) pagi. Belum lagi ditambah ribuan bikers Majelis Burdah Miftahussalamah yang akan melewati areal Air Mancur pada Minggu siang, dan kegiatan di Savero Golden Flower pada Minggu siang.
“Kegiatan ini juga harus di brooadcast kepada masyarakat untuk antisipasi mewaspadai libur panjang. Dan saya arahkan OPD terkait ketika libur panjang harus siaga bukan libur,” ujar Bima.
Bima menuturkan, kordinasi dan informasi pantauan lalu lintas dari Polres terkait titik kemacetan akan disampaikan ke Kominfo yang kemudian akan diberitahukan kepada masyarakat melalui trafick center. Selain itu, harus mengarahkan petugas satpam Mal Botani dan Mal BTM untuk sama-sama mengatur lalu lintas karena adanya keterbatasan personil DLLAJ. “Dari DLLAJ hanya ada 30 orang yang dibantu 176 personil polisi,” jelas Bima.
Kepala Bagian Operasional (KBO) Lalu Lintas Polres Bogor Kota Budi Suratman mengatakan, ada titik yang harus diwaspadai yakni Ekalokasari, Tugu Kujang, Otista, Internusa, dan Jembatan Merah. Jembatan Merah sekarang padat karena merupakan titik pengunjung wisata yang menggunakan commuter line. Perlu diantiasipasi juga pengunjung Kebun Raya Bogor yang sampai saat ini belum memiliki parkir khusus bagi bus pariwisata sehingga kemungkinan akan mengambil bahu jalan. “Perkiraan Kamis sore sampai Minggu malam lalu lintas Kota Bogor akan padat,” pungkas Budi.[] Admin

Baca juga  Pemerintah Jepang Bantu Kota Bogor Kelola Lingkungan
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top