Kota Bogor Dipilih Jadi Pilot Project Pembuatan Kolam Resapan di Indonesia

Penandatanganan Pembuatan Kolam Resapan

BOGOR-KITA.com – Dua kolam resapan air hujan akan dibangun di Kota Bogor, masing-masing di halaman Kantor Bapeda Kota Bogor dan halaman Kantor Kecamatan Bogor Tengah. Pembuatan kedua kolam resapan itu direncanakan dimulai pada 19 Agustus 2015. Itulah antara lain butir-butir perjanjian kerjasama yang disepakati Pemerintah Kota Bogor dengan Direktorat Jenderal Sumberdaya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Penandatanganan kerjasama dilakukan Sekda Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat dan Ir.T.Iskandar, MT. Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, Direktorat SDA Kementrian PU dan Perumahan Rakyat, di Balaikota Bogor, Selasa (14/7/2015).

Menurut Kepala Sub Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Bapeda, Kota Bogor, Naufal Isnaeni, pembangunan kedua kolam itu merupakan hibah yang diterima Kota Bogor dari Direktorat SDA Kementrian PU dan Perumahan Rakyat. Japan International Cooperation Agency (JICA) memfasilitasi kerjasama ini. “Bogor dipilih menjadi pilot project pertama pembuatan kolam resapan di Indonesia,” jelasnya.

Kolam yang berbahan polypropylene tersebut dibuat seluas 10 x 20 M pada kedalaman 1,5 M dan dapat menampung air hujan sekitar 120 M kubik. “Fungsinya sebagai kantong air dan mencegah air hujan terbuang langsung ke drainase serta mengembalikan air hujan ke dalam tanah,” lanjut Naufal.  Kolam resapan itu disebut juga plastic rain water infiltration and storage facility. Setelah dibangun, permukaannya bisa tetap dimanfaatkan, antara lain untuk lahan parkir mobil atau lapangan olahraga, karena kolam ini mampu menahan beban sampai dengan 20 ton. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *