Kepala Desa (Kades) Parigi Mekar Kecamatan Ciseeng Ade Syarifudin merupakan Kades termuda di Kabupaten Bogor. Pria lajang ini bertekad mengabdikan diri dan ingin mengembalikan kejayaan produk ternak ikan hias di desanya.

Kepala Desa Termuda di Kabupaten Bogor : Ingin Bangkitkan Ekonomi Melalui Sektor Perikanan

BOGOR-KITA.com, CISEENG – Kepala Desa (Kades) Parigi Mekar Kecamatan Ciseeng Ade Syarifudin merupakan kades termuda yang dilantik oleh Bupati Bogor, pasca gelaran pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 273 desa pada 3 November 2019 lalu. Pria lajang berusia 26 tahun ini dilantik Bupati Bogor pada prosesi pelantikan pertama bersama 222 Kades terpilih lainnya.

Ditemui awak media di kantornya, Kades Parigi Mekar mengatakan, motivasi utama dirinya terjun dan aktif ke pemerintahan desa adalah pengabdian diri. Selain itu, sambungnya, ada keinginan dari dirinya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terutama para peternak ikan hias yang merupakan mayoritas usaha warga desa tersebut. Dirinya mengaku ingin mengembalikan kejayaan usaha peternakan ikan hias Desa Parigi Mekar yang mulai meredup. “Ini menjadi program unggulan dan prioritas kerja saya. Dengan sistem manajemen yang ditingkatkan, agar memperlancar ekonomi dan meningkatkan pendapatan petani ikan,” ujarnya.

Ade Syarifudin menambahkan, salah satu yang akan diberdayakan adalah pengelolaan manajemen usaha perikanan melalui kemitraan dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) agar dapat membantu usaha masyarakat. “Karena para petani ikan umumnya terkendala masalah permodalan serta pemasaran. Saat ini mereka banyak berinteraksi dengan tengkulak. Dengan adanya Bumdes diharapkan bisa jadi solusi dari kendala-kendala tersebut,” pungkasnya.

Sementara Camat Ciseeng Ade Setya Bakti menuturkan, dari 10 desa yang ada di Kecamatan Ciseeng, sebagian besar penduduknya merupakan petani dan pembudidaya ikan. “Makanya Ciseeng menjadi sentra Minapolitan. Tentu usaha peternakan ikan hias atau ikan konsumsi harus terus ditingkatkan,” ucapnya.

Sedangkan Sekcam Ciseeng Heri Risnandar menjelaskan, pendampingan usaha perikanan melalui kemitraan dengan Bumdes merupakan sebuah solusi untuk peningkatan ekonomi kerakyatan. Apalagi dalam hasil Musrenbang beberapa desa memang mengajukan program ekonomi melalui Bumdes. “Pemerintah Kecamatan Ciseeng tentu sangat mendukung program – program peningkatan ekonomi masyarakat desa. Maka keberadaan dan peran Bumdes perlu ditingkatkan” pungkasnya. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *