Kab. Bogor

Kepala Desa Di Kabupaten Bogor Tanya Pencairan Dana BHPRD, Ini Kata DPMD

BOGOR-KITA.ocm, GUNUNGSINDUR – Pencairan dana Bagi Hasil Pajak Retribusi Daerah (BHPRD) untuk 416 Desa di Kabupaten Bogor memang selalu ditunggu pemerintah desa dari tahun ke tahun.

Di tahun 2023 ini, dana BHPRD yang biasanya sudah cair namun hingga di penghujung bulan Mei 2023 belum ada kepastian pencariannya. Keterlambatan pencairan inipun mulai dipertanyakan oleh sejumlah Pemerintah Desa.

“Iya hingga akhir bulan Mei ini memang belum cair BHPRD. Meskipun satu sisi kami faham memang menunggu Perbup Bogor, tapi kami berharap agar dana BHPRD bisa segera cair,” ungkap Kepala Desa Curug Kecamatan Gunungsindur Edi Mulyadi kepada wartawan, Kamis (25/5/2023).

Pria yang juga Ketua Paguyuban Kepala Desa (Kades) Kecamatan Gunungsindur ini mengatakan, sudah beberapa bulan ini Pemdes menunggu adanya pencairan dana BHPRD sebagai bagian penunjang operasional pemerintahan desa.

Baca juga  PT. PPE Teken MoU dengan Sanmaru Indo Energi Bikin SPBU

“Kami belum membuat surat pengajuan karena memang belum ada arahan dari DPMD dan infonya Perbup Bogor soal ini belum selesai dan masih diproses. Tapi kami berharap bulan depan bisa segera cair,” pungkasnya.

Sementara dalam keterangan kepada sejumlah wartawan beberapa waktu lalu, Kepala DPMD Kabupaten Bogor, Renaldy Yushab Fiansyah menjelaskan, saat ini pihaknya terus melakukan proses guna pencairan BHPRD serta Samisade 2023.

“Masih proses dengan Perbup Bogor dan harus ada rekomendasi dari Pemprov Jabar dan Kemendagri. Prosesnya terus berjalan. Nantinya, pihak Pemdes tinggal mempersiapkan pengajuan. Insya Allah bulan Juni bisa tersalurkan,” ucapnya.

Sementara Kepala Bagian Anggaran BPKAD Kabupaten Bogor Ahmad Wildan menjelaskan, pihaknya saat ini masih menunggu adanya surat dari DPMD dan pihak lainnya untuk pencairan BHPRD.

Baca juga  Anggaran Samisade Dan BHPRD Tersedia, Tinggal Tunggu Soal Regulasi

“masih di ranah DPMD. Kami menunggu Perbup Bogor dan setelah (aturan-red) itu ada, baru pencairan dana BHPRD bisa dilaksanakan oleh BPKAD,” tukas Ahmad Wildan. [] Fahry

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top