Kab. Bogor

Kementerian ATR BPN Resmikan Kantor Perwakilan BPN Kecamatan Cileungsi, Percepat Sertifikasi Aset Pemkab Bogor

Rapat Koordinasi Terbatas Bidang Pertanahan, di Ruang Rapat Bupati Bogor, Kompleks Pemkab Bogor, Cibinong, Selasa (16/2/2021). 

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Kementerian ATR BPN dijadwalkan meresmikan Kantor Perwakilan BPN Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Rabu (17/2/2021) pagi ini.

Kantor Perwakilan BPN wilayah Kecamatan Cileungsi ini akan melayani tujuh kecamatan yang secara operasional full terkait pelayanan sertifikasi bidang tanah.

Peresmian didasarkan surat Menteri ATR BPN No 15 tahun 2020 tentang pembentukan Kantor BPN Perwakilan Wilayah Cileungsi dan Serang Banten.

Peresmian itu merupakan upaya Pemkab Bogor untuk mempercepat sertifikasi aset Pemkab Bogor.

“Percepatan sertifikasi aset pemda ini sangat penting. Berdasarkan program pemerintah pusat melalui Kementarian ATR BPN, tahun 2025 semua bidang tanah harus sudah bersertifikat, maka dari itu Pemerintah Daerah harus mendorong untuk mempercepat program itu,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabuppaten Bogor Burhanudin seusai Rapat Koordinasi Terbatas Bidang Pertanahan, di Ruang Rapat Bupati Bogor, Kompleks Pemkab Bogor, Cibinong, Selasa (16/2/2021).

Baca juga  Corona Kabupaten Bogor: Positif Terus Menciut, 15, Sembuh 31, Meninggal Nihil

Burhanudin mengatakan, rapat antara lain untuk mempersiapkan peresmian Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) wilayah Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor, yang dijadwalkan diresmikan langsung oleh Menteri ATR BPN, Dr Sofyan Djalil.

Selain itu juga dievaluasi Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2020 dan persiapan program PTSL di tahun 2021.

Percepatan sertifikasi aset Pemkab Bogor meliputi sertifikasi PSU perumahan, sertifikasi kantor desa, puskesmas, sekolah dan lainnya.

“Percepatan sertifikasi aset pemda ini sangat penting. Berdasarkan program pemerintah pusat melalui Kementarian ATR BPN, tahun 2025 semua bidang tanah harus sudah bersertifikat, maka dari itu Pemerintah Daerah harus mendorong untuk mempercepat program itu,” jelas Burhanudin

Burhanudin mengatakan, Pemkab Bogor mengajukan dua lokasi untuk Kantor Perwakilan BPN, yakni di Bogor Barat dan Bogor Timur. Tetapi Bogor Timur yang sudah siap, dan tingkat pelayanannya tinggi oleh sebab itu diperioritaskan lebih dulu.

Baca juga  Corona Kabupaten Bogor: Curva Positif Terus Menukik, 48,  Sembuh Turun, 25

Menurutnya, Kantor BPN wilayah Kecamatan Cileungsi akan melayani tujuh kecamatan yang secara operasional full terkait pelayanan sertifikasi bidang tanah. [] Admin/Diskominfo Kabupaten Bogor

(Baca juga: https://bogor-kita.com/14-warga-sukamulya-minta-bpn-segera-terbitkan-sertifikat-lahan-proda-2017/)

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top