Kab. Bogor

Bedah Hikmah Covid -19: Gaya Hidup Sehat, Positif dan Produktif

BOGOR-KITA.com, DRAMAGA –  Selalu ada hikmah positif di balik setiap kesulitan termasuk di masa pandemi COVID-19 yang saat ini terjadi.  Beberapa hikmah positif akibat pandemi COVID-19 ini adalah mulai diterapkannya gaya hidup sehat yang lebih maksimal, berusaha untuk tetap produktif meskipun berada di rumah, serta munculnya pikiran maupun kegiatan positif lainnya.

Hal ini dikemukakan Dekan Fakultas Ekologi Manusia (Fema) IPB University, Prof Dr Ujang Sumarwan dalam webinar daring, Jumat (5/6/2020).

Dalam rilis dari IPB University kepada BOGOR-KITA.com, Jumat (5/6/2020), Prof Dr Ujang Sumarwan, menjelaskan, setiap individu memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut memiliki beberapa variabel yaitu kebutuhan, motivasi, kepribadian, konsep diri, pengolahan informasi, proses belajar, pengetahuan, sikap dan adab.

“Kaitannya dengan ini, gaya hidup masuk dalam kepribadian. Individu yang memiliki kepribadian rapi dan bersih, akan berusaha memenuhi gaya hidupnya dengan rapi dan bersih. Termasuk pada masa pandemi saat ini, individu tersebut juga akan berusaha untuk mewujudkan gaya hidup yang lebih sehat lagi,” ungkap dosen IPB University pakar Perilaku Konsumen.

Lebih lanjut Dekan Fakultas Ekologi Manusia IPB University ini mengatakan, gaya hidup ini turut mempengaruhi dalam proses keputusan konsumen. Keputusan konsumen juga dipengaruhi oleh lingkungan seperti budaya, demografi, ekonomi, keluarga dan rumah tangga serta situasi dan kondisi.

Baca juga  Ade Yasin : Masa Tanggap Darurat Bencana Kabupaten Bogor Diperpanjang

Jika dikaitkan dengan situasi saat ini, pengambilan keputusan konsumen akan dipengaruhi oleh situasi tersebut, yaitu pandemi COVID-19.

Prof Ujang menjelaskan, gaya hidup ini umumnya dapat berubah mengikuti perubahan lingkungan. Adanya pandemi COVID-19 ini memberikan hikmah positif bagi masyarakat terutama yang awalnya memiliki gaya hidup yang tidak memerhatikan higienitas, saat ini telah gencar memerhatikan higienitas dan kebersihan maupun kesehatan. Perubahan gaya hidup ini juga memberikan dampak terhadap pengambilan keputusan konsumen.

Ditegaskannya, pengambilan keputusan konsumen berkaitan erat dengan kepribadian individu. Individu yang memiliki pribadi yang sehat maka cenderung mempertahankan gaya hidup sehatnya, sehingga mereka akan memilih produk yang dapat mendukung usahanya tersebut. [] Admin

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 86 = 95

Terpopuler

To Top