Kab. Bogor

Kelurahan Padasuka Gelar Pemilihan Ketua RT Seperti Pemilu

Usai pemilu, serah terima jabatan Ketua RT

BOGOR-KITA.com –  Panitia Pemilihan Ketua RT 04 di  Perumahan Taman Pagelaran RT 04 RW 12, Kelurahan Padasuka, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor menggelar pemilihan Ketua RT mirip dengan pemilihan umum atau pilkada.

“Kita ingin memberikan pembelajaran demokrasi kepada warga,” Ketua Panitia pemilihan RT 04 Nurjaya, Minggu (25/102015).

Antusias warga RT 04 sangat tinggi, terbukti 100 persen  warga setempat yang berjumlah sekitar 150 kepala keluarga, berduyun-duyun menyumbangkan hak suaranya.

Nurjaya mengatakan, pemilihan ketua RT ini rutin dilaksanakan setiap tiga tahun. Ini untuk menentukan ketua RT yang baru, untuk calon terdapat delapan calon ketua RT lima laki-laki dan tiga perempuan. Selain itu, pemilihan ketua RT ini juga bertujuan mengajak masyarakat belajar pendidikan politik dan demokrasi. Mengajarkan pentingnya partisipasi menyumbangkan hak suara untuk kepentingan bersama.

Baca juga  Pemerintah Desa Dago Bikin Destinasi Wisata Baru di Situ Pasir Maung

“Syarat calon harus berdomisili di RT 04 dan merupakan warga asli Kabupaten Bogor. Karena masa jabatan ketua RT hanya tiga tahun, sehingga acara ini dilakukan tiga tahun sekali. Selain itu, ini untuk mengisi kekosongan jabatan ketua RT karena meninggal dunia,” ujar Nurjaya

Ketua RT terpilih, Iwan menuturkan,  akan melaksanakan roda kepemimpinan di lingkungan RT 04 RW 12 dengan optimal dan sebaik-baiknya sesuai harapan dan keinginan warga masyarakat setempat.

“Kaget dan terharu atas kepercayaan warga memilih saya sebagai ketua RT 04, kami menerima dukungan dan partisipasi masyarakat yang sifatnya membangun. Demi sukses dan kelancaran roda kepemimpinan di wilayah RT 04,” tegas Ketua RT terpilih.

Baca juga  Ade Yasin Minta FKPPI Kabupaten Bogor Jadi Teladan

Warga RT 04 Sibahanan mengakui, bangga dan sangat bermanfaat pelaksanaan kegiatan pemilihan ketua RT 04 tersebut. Sehingga bisa menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai cara berpolitik dan berdemokrasi dengan baik.

“Saya berharap kepada calon ketua RT 04 terpilih untuk melaksanakan kepemimpinan dengan baik, serta lebih aktif menyelenggarakan kegiatan yang sifatnya tatap muka dengan masyarakat baik pada hari besar maupun dalam kegiatan rutin lainnya minimal tiga bulan sekali, untuk menjaga kebersamaan,” tukasnya.  [] Admin

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top