Komisioner KPU Kabupaten Bogor Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Herry Setiawan, saat berkunjung dan bersilaturahmi ke Kantor Dinas Arsip Kabupaten Bogor di Cibinong, Rabu (19/2/ 2020).

Jutaan Data Manual KPU Kabupaten Bogor Disimpan di Dinas Arsip

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Jutaan data manual kami simpan di sini dan alhamdulillah kerja sama KPU dan Dinas Arsip Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor selama ini harmonis

Hal ini dikemukakan Komisioner KPU Kabupaten Bogor Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Herry Setiawan,  saat berkunjung dan bersilaturahmi ke Kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor di Cibinong, Rabu (19/2/ 2020).

“Hari ini kami bersilaturahmi dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor. Tujuannya untuk menjalin sinergitas dalam menyediakan beragam bacaan untuk meningkatkan literasi demokrasi dan pendidikan pemilih,” ujar Herry Setiawan.

Herry Setiawan mengatakan, Dinas Arsip Kabupaten Bogor telah dikenal luas ssbagai terbaik di Indonesia karena pengelolaan dan manajemen yang rapi dan sangat baik.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Tb Luthfisyam menyambut baik silaturahmi KPU di kantornya. Bahkan semua jajaran pejabat menyambut kedatangan KPU di pintu depan lalu mengajak tur ke depo arsip dan mendemonstrasikan akses arsip digital yang telah dimiliki Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor.

Baca juga  Ini Tempat dan Jadwal Pertandingan Porda Jabar di Kabupaten Bogor 6-15 Oktober

“Kita tur dulu lihat depo arsip kami dan ini cara mengakses arsip bagi pemohon arsip dari publik. Cukup dengan aplikasi yang kami miliki maka temu kembali arsip mudah dilakukan,” kata Luthfi.

Dengan barcode yang ditempel di kardus yang di dalamnya ada arsip tertentu maka dengan telepon genggam dapat mudah melihat arsip apa saja yang ada di dalam kardus tersebut.

Luthfi menambahkan, pihaknya juga siap menyuplai literasi berupa buku bacaan terkait pemilu dan demokrasi ke KPU secara berkala dengan status silang layan.

Tetapi buku itu statusnya dipinjamkan selama 2 atau 3 bulan lalu dikembalikan. Kami juga menyiapkan studio audiovisual yang bisa dipakai dengan kapasitas 50 orang jika ingin memaparkan atau bimtek terbatas,” kata Luthfi.

Bagi penyimpanan arsip statis, sesuai jenjang pemilihannya, kantornya bisa menyimpan arsip Pileg DPRD Kabupaten Bogor dan Pilkada Bogor.

“Kalau itu sudah menjadi kewajiban kami untuk meminta arsip statis KPU untuk diakuisisi dinas arsip,” tandas Luthfi.[] Hari



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *