Kantor Kecamatan Megamendung di Jl.Letnan. Suryanta No. 9, Sukamahi, Megamendung,

Jarak Jauh, Sejumlah Warga Megamendung Urus Surat di Cisarua

BOGOR-KITA.com – Warga Kampung Pasir Manggis di Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, sedikit demi sedikit memindahan data kependudukannya dari Megamendung ke Cisarua. Mereka tetap tinggal di wilayah administrasi Megamendung tetapi data-data kependudukan dipindahkan ke Kecamatan Cisarua.

Hal ini disebabkan karena jauhnya lokasi kantor pemerintahan kecamatan Megamendung. Sementara, jarak ke kantor Kecamatan Cisarua lebih dekat, yang bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki.

Sebut saja Chaidir Rusli warga Kampung Pasir Manggis, Desa Megamendung. Desa ini  berada di perbukitan.

“Bayangkan saja, kalau ada urusan administrasi, saya harus ke Jalan Raya Puncak, tepatnya ke seberang Pasar Cisarua, dari situ harus naik angkutan umum ke Megamendung, dari situ harus naik ojek lagi kalau mau ke desa maupun kecamatan, pokoknya jauh,” ucap Chaidir.

Berbeda dengan kantor pemerintahan di Kecamatan Cisarua. Untuk ke Kantor Desa Batulayang hanya butuh jalan kaki. Sementara, ke kantor Kecamatan Cisarua hanya dua kali naik kendaraan yang jaraknya tidak terlalu jauh.

“Karena alasan jarak itu yang membuat warga ingin berpindah data kependudukan,” terangnya.

Ketua Rt. 03 Agus Setiawan yang tempat tinggalnya masuk wilayah Desa Batulayang, Kecamatan Cisarua membenarkan banyak warga Desa Megamendung pindah data kependudukan ke desanya.

“Ya seharusnya tidak bisa, karena lokasi tinggal mereka berada di wilayah Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, tapi mungkin karena jauh mereka seolah pindah rumah ke Cisarua,” tandasnya.

Megamendung adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Melalui kantor kecamatan, warga dapat mengurus berbagai bentuk urusan seperti perizinan dan lain-lain. Beberapa perizinan yang sering dibuat terkait dengan penerbitan izin usaha mikro kecil (IUMK), rekomendasi surat pengantar SKCK, surar keterangan domisili, surat izin menutup jalan untuk pembangunan atau acara, pengesahaan surat keterangan miskin, dispensasi nikah, rekomendasi dan pengesahaan permohonan cerai, belum nikah, dan nikah. Surat-surat lainnya yang dapat diurus terkait perizinan tertentu seperti surat eksplorasi air tanah, penggalian mata air, surat perubahan penggunaan tanah, waris, hingga wakaf.

Kantor Kecamatan Megamendung berlokasi di Jl.Letnan. Suryanta No. 9, Sukamahi, Megamendung, Sukamaju, Megamendung. Memang berada di pinggir jalan, tetapi bukan di jalan utama, melainkan di jalan sekunder. Beda dengan Kantor kecamatan Cisarua yang berada di jalan utama yakni di Jalan Raya Puncak atau Kantor Kecamatan Ciawi yang berada di jalan utama yakni jalan KH RM Toha, Bendungan, Ciawi, Bogor. [] Admin/Pkr

 



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *