Kab. Bogor

IPB University Umumkan Peserta Lolos Seleksi Jalur Ketua OSIS, PIN dan BUD

BOGOR-KITA.com, BOGOR – IPB University mengumumkan nama-nama peserta yang lolos masuk IPB University melalui jalur Ketua OSIS, jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN) dan jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD) pada Selasa, (9/7/2024).

“Dari total 816 pelamar jalur Ketua OSIS Sarjana dan 117 pelamar Ketua OSIS Sekolah Vokasi (SV), sebanyak 249 orang dinyatakan lolos seleksi Ketua OSIS Sarjana dan 58 orang dinyatakan lolos seleksi Ketua OSIS SV,” ujar Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof Deni Noviana.

Jalur Ketua OSIS merupakan seleksi jalur mandiri IPB University yang khusus diperuntukkan bagi para Ketua OSIS di Indonesia. Skema ini dikembangkan untuk mencari calon mahasiswa yang telah terbukti memiliki jiwa kepemimpinan sebagai ketua OSIS selama di SMA. Mereka sekaligus dituntut untuk memiliki kemampuan akademik yang memadai untuk dididik di IPB menjadi calon pemimpin berintelektual dan berintegritas tinggi.

Baca juga  Gus Udin Sebut Bogor Barat jadi Basis Pergerakan Sejak Zaman Penjajahan

“Adapun calon mahasiswa akan mendapatkan pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan dan pelatihan lainnya. Melalui skema ini, diharapkan dapat menghasilkan calon pemimpin yang memimpin dengan pendekatan saintifik, atau menerapkan scientific based leadership,” tutur Prof Deni.

“Sementara itu, sebanyak 148 orang dinyatakan lolos jalur PIN Sarjana dan 55 orang dinyatakan lolos jalur PIN SV setelah bertarung dalam seleksi yang diikuti oleh 1269 pelamar PIN Sarjana dan 235 PIN SV,” imbuhnya.

Jalur PIN adalah jalur yang memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/Sederajat atau SMK berprestasi luar biasa dalam kegiatan ekstra kurikuler. Mereka yang dapat mendaftar adalah siswa berprestasi dalam lomba di tingkat internasional dan nasional. Antara lain dalam kegiatan  lomba karya ilmiah, olimpiade matematika, fisika, kimia, biologi, informatika, olahraga, hafizh, pramuka dan seni.

Baca juga  IPB University Juara Umum Abdidaya Ormawa

“Untuk jalur BUD yang diumumkan pada hari ini, dari total 350 pelamar, sebanyak 153 orang dinyatakan lolos jalur BUD Sarjana dan diikuti (89) pelamar sebanyak 43 orang dinyatakan lolos jalur BUD SV IPB University tahun ini,” sebut Prof Deni.

BUD merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru IPB University yang direkomendasikan dan dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga swasta. Lulusan dari program ini diharapkan kembali ke daerah untuk membangun tempat asal mereka.

Direktur Administrasi Pendidikan IPB University, Dr Utami Dyah Syafitri menambahkan, seluruh calon mahasiswa baru dari jalur Ketua OSIS, PIN dan jalur BUD diminta untuk melakukan registrasi melalui laman registrasi.admisi.ipb.ac.id. “Jika ada kesulitan bisa kontak halo.admisi.ipb.ac.id,” pesannya.

Baca juga  IPB Kukuhkan Program Asrama Kepemimpinan
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top