Kota Bogor

IPB University Paparkan Potensi Bioprospeksi Bagi Ekonomi

BOGOR-KITA.com, BOGOR – IPB University memaparkan potensi bioprospeksi bagi pembangunan di Indonesia terutama di bidang ekonomi.

Melalui Guru Besar Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Hadi S. Alikodra, Komersialisasi bioprospeksi diharapkan dapat memperkuat ekonomi nasional secara berkelanjutan, karena kegiatannya dilakukan berdasarkan prinsip kehati-hatian dengan tetap menjaga kelestarian kehati.

“Sistem royalti yang dihasilkannya dapat menjadi dukungan finansial bagi kegiatan perlindungan dan pelestarian hutan, termasuk perlindungan masyarakat hukum adat. Disamping itu dapat menciptakan lapangan kerja, meningkatkan ekonomi masyarakat, sumber pendapatan asli daerah, dan meningkatkan perolehan devisa negara,” katanya dalam bedah buku Potensi Bioprospeksi Indonesia Bagi Pembangunan Ekonomi NKRI di Bogor Icon Hotel, Bukit Cimanggu City, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Selasa (9/8/2022).

Baca juga  Lulus Masa Orientasi, 80 Dosen IPB University Siap Mengabdi

Adanya praktik biopiracy (pembajakan kehati) seiring meningkatnya kebutuhan bahan baku bagi industri kesehatan, obat-obatan, pertanian, dan lainnya, semakin memperkuat urgensi pengembangan bioprospeksi saat ini dan untuk masa yang akan datang.

Menurutnya, Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa. Namun bagimana masyarakat Indonesia bisa melakukan konservasi.

“Pertama bagaimana melindungi jangan sampai rusak, kedua bagaimana melestarikan jangan sampai kegerusan erosi genetik kromosom dan yang ketiga memanfaatkan bagaimana mengekonomikan,” ungkapnya.

Selain berfokus kepada melidungi dan melestarikan, juga harus bisa masuk dalam kontek pemanfaatan, supaya berkelanjutan untuk mendukung ekonomi dan pembangunan.

“Intinya kita ingin melakukan pemanfaatan yang tidak merusak. Kita melihat ada 3 porsi besar, perguruan tinggi sebagai pusat pengetahuan, kebijakan dan pemodal, bagaiamana mereka bersatu untuk mendukung keanegaragaman hayati bisa terlindungi, termanfaatkan dan terlestarikan,” ujarnya. [] Ricky

Baca juga  Pertandingan Persahabatan, BJB Ditekuk 0-3
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top