Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Subang, Jumat (29/11/2019).

Investasi Rp50 Triliun, Jokowi Tinjau Progres Palabuhan Patimbang di Subang

BOGOR-KITA.com, SUBANG – Presiden Joko Widodo menargetkan pembangunan Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang bisa selesai pada tahun 2027.

Target ini dikemukakan Jokowi saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Subang, Jumat (29/11/2019).

Kehadiran Jokowi di Subang, disambut Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

“Kita harapkan ini akan menjadi sebuah pelabuhan besar nantinya di tahun 2027. Jadi memang pekerjaan yang besar sehingga tahapan-tahapannya memang jangka panjang,” kata Presiden kepada media usai peninjauan.

Menurut Presiden, investasi yang dibutuhkan pada tahap pertama kurang lebih sebesar Rp29 triliun. Sedangkan, nilai total investasi yang diperlukan hingga selesai pada 2027 mencapai Rp50 triliun.

Total luas area pelabuhan Patimban sendiri secara keseluruhan mencapai 654 hektar. Dari jumlah tersebut, 300 hektar di antaranya akan diperuntukkan bagi peti kemas dan terminal kendaraan. Luas lahan sisanya akan disiapkan untuk back-up area.

“Memang ini nanti akan banyak yang untuk terminal kendaraan untuk ekspor mobil-mobil dari industri otomotif kita,” kata Presiden.

“Ya progress-nya ini bagus dan kita harapkan yang tahapan pertama nanti akan kita selesaikan di bulan Juni tahun depan,” tambahnya.

Baca juga  Gerakan Coklit Serentak, KPU Depok Sasar Tokoh Agama, Public Figure dan Masyarakat

Presiden Joko Widodo berharap pelabuhan Patimban dapat meningkatkan daya saing dan mendukung Indonesia untuk menjadi pelabuhan besar produksi otomotif.

“Memang arah ke depan ini menjadi pelabuhan khusus untuk mobil. Meskipun yang lain juga enggak ada masalah, tapi nanti sebagian besar yang masuk ke sini adalah yang untuk ekspor mobil. Karena kita ingin menjadi sebuah hub besar bagi produksi otomotif di kawasan kita sehingga ekspor-ekspor ke Australia, New Zealand, atau negara-negara ASEAN semuanya berangkat dari pelabuhan Patimban ini,” katanya.

Usai meninjau pembangunan pelabuhan Patimban, Presiden Joko Widodo, Wagub Jabar, dan Bupati Subang meninjau pelaksanaan program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) oleh PT Permodalan Nasional Madani (Persero) di Aula Bintang Fantasi, Pamanukan. [] Admin/Humas Pemdaprov Jabar



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *