Kab. Bogor

Insentif Bulan Oktober 2020 Nakes Bogor Segera Cair

Tenaga kesehatan

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Tunjangan insentif bagi para tenaga kesehatan (nakes) yang menangani covid-19 di Kabupaten Bogor untuk bulan Oktober 2020 segera cair.

Diketahui sejak lima bulan terakhir atau dari Oktober 2020, insentif nakes masih belum dibayarkan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, drg. Ahmad Zaenudin MARS, mengakui pihaknya sudah menyampaikan hal itu dan telah meminta penjelasan kepada pengelola terkait kendala sehingga hal ini terjadi.

Dokter Zen sapaannya menjelaskan, sepanjang yang diketahuinya, keterlambatan tersebut dikarenakan turunnya anggaran dari Kemenkes pada akhir bulan Desember dan secara tata kelola keuangan menjadi sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa).

“Kemudian harus dibuatkan anggaran baru, SIPD baru disahkan tanggal 18 Maret 2021 kemarin. Selanjutnya proses SP2D, setelah terbit baru bisa terdistribusikan. Kemungkinan beberapa hari ke depan insentif nakes sudah bisa didistribusikan langsung,” ungkap dokter Zen, Senin (29/3/2021).

Baca juga  Pemprov Jabar Siapkan Insentif Pajak untuk Investor

Ia menjelaskan, pembayaran yang akan dilakukan adalah untuk bulan Oktober 2020. Sementara untuk pembayaran insentif nakes bulan November dan Desember 2020, surat pemgajuan sudah diajukan ke Kemenkes.

“Sedangkan untuk pembayaran insentif nakes bulan Januari serta Februari 2021, dana anggarannya akan bersumber dari APBD,” imbuh dokter Zen.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Bogor menambahkan, terkait pembayaran klaim covid-19 serta insentif bagi tenaga kesehatan (nakes) di rumah sakit daerah maupun swasta itu dilakukan langsung ke Kemenkes.

“Untuk rumah sakit daerah dan RS swasta itu langsung ke Kemenkes,” tutupnya. [] Fahry

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top