Panjat Tebing Klapanunggal, Kabupaten Bogor.

Ini Panjat Tebing Klapanunggal yang Dipromosikan Ade Yasin

BOGOR-KITA.com, CIBINONG –  Nama area panjat tebing Klapanunggal, Kabupaten Bogor disebut Bupati Bogor Ade Yasin saat membuka Kejuaraan Panjat Tebing Tingkat Asia di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (6/11/2019) malam.

Ade Yasin mengatakan, tidak hanya di Stadion Pakansari, lapangan panjat tebing alam juga ada di Kabupaten Bogor. Kondisinya  juga bagus, ada di Gunung Kapur Ciampea, sudah cukup terkenal juga. Ada juga di Klapanunggal.

“Kalau ada yang ingin ke sana, nanti kami kasih tahu di mana saja tempat favorit untuk latihan atau olahraga panjat tebing yang menantang itu sambil menikmati alam,” kata Ade Yasin berpromosi.

Seperti apa panjat tebing di Klapanunggal?

Penelurusan BOGOR-KITA.com, area panjat tebing Klapanunggal ternyata sudah banyak dikunjungi oleh para pemanjat ini sejak tahun 90-an. Sampai saat ini tebing tersebut masih sering di kunjungi terutama di hari-hari libur, khususnya pagi pemanjat yang berada di kawasan Jabodetabek dan sekitarnya. Panjat tebing ini dimanfaatkan untuk latihan panjat tebing ataupun latihan menuruni tebing. Tebing ini telah banyak menghasilkan atlet professional karena dulunya sering dijadikan lokasi latihan oleh para atlet panjat tebing. Tebing berada di area pertambangan kapur milik PT. Indocement Tunggal Perkasa.

Tebing Klapanunggal terletak di Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Jawa Barat. Tepatnya di wilayah timur Kabupaten Bogor. Sebelah selatan Kantor Kecamatan Klapanunggal.

Cukup mudah untuk mencapai lokasi tebing yang ada di kawasan ini. Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Umumnya yang berasal dari seputaran Jabodetabek lebih banyak menggunakan sepeda motor karena lebih mudah.

Kalau dari arah Cikarang ambil jalan menuju kearah warung Bongkok lalu masuk ke kawasan Industri MM2100, kemudian pilih jalan keluar menuju Pasar Setu Bantar Gebang, jalan lurus menuju Kampung Gaok Bekasi kemudian masuk wilayah Cileungsi, sampai di persimpangan Cileungsi ambil lurus arah Kota Bogor. Sebelum memasuki daerah Kelapa Nunggal ada jalan kearah kiri menuju tebing tersebut.

Karakter batuan tebing berjenis limestone atau batuan kapur, namun permukaan tebing di kawasan ini tidak hanya lubang tetapi juga banyak tonjolan berukuran besar yang yang sangat bervariasi.

Ada beberapa tebing di lokasi Klapannggal ini, di antaranya  ada tebing depan (Ki Koja) letaknya persis di pinggir jalan, tebing belakang (gunung cagak) letaknya agak kedalam dan tebing putih yang letaknya agak jauh dari jalan tapi masih terlihat jelas dari jalan.

Tebing belakang termasuk tebing dengan tingkat kesulitan yang cukup menantang, pemanjat agak terhindar dari sengatan matahari jika memilih memanjat di tebing ini. [] Admin/dari berbagai sumber



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *