Kab. Bogor

Ini Daftar 277 Inovasi Pelayanan Publik Pemkab Bogor, Dasar Meraih IGA 2020

Bupati Bogor Ade Yasin menerima langsung penganugerahan penghargaan yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, pada malam puncak IGA, di The Sultan Hotel and Residence, Jumat (18/12/2020),

BOGOR-KITA.com, CIBINONG –  Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) menetapkan Pemerintah Kabupaten Bogor sebagai 1 dari 10 kabupaten di Indonesia penerima penghargaan sebagai Kabupaten Terinovatif Tahun 2020.

Penghargaan ini dikenal dengan nama Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020.

Bupati Bogor Ade Yasin menerima langsung penganugerahan penghargaan yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, pada malam puncak IGA, di The Sultan Hotel and Residence, Jumat (18/12/2020).

Tahun 2019, Kabupaten Bogor juga memperoleh penghargaan ini. Dari daftar 10 kabupaten penerima yang dibuat panitia  tahun 2019 itu, Kabupaten Bogor berada di urutan 9. Tahun 2020 ini, Kabupaten Bogor berada di urutan 3.

Baca juga  DPRD Jabar Apresiasi BLK Komunitas Al Firdaus Tasikmalaya

Tidak ada penjelasan apakah urutan itu sama dengan pemeringkatan. Namun, penyusunan nama kebupaten penerima dibuat bukan berdasarkan abjad.

Daftar 10 kabuaten penerima award, di urutan pertama adalah Kabupaten Situbondo, urutan kedua  Kabupaten Wonogiri, urutan ketiga Kabupaten Bogor .

Ketua Tim Penilai IGA 2020, Tumpak Haposan Simanjuntak, dalam siaran pers Jumat (18/12/2020) mengatakan, pengukuran Indeks Inovasi Daerah (IID) terdiri dari 2 Aspek, 7 Variabel dan 35 indikator.

Pemerintah daerah penerima penghargaan merupakan daerah yang mendapatkan skor tertinggi berdasarkan akumulasi nilai indeks inovasi daerah, dan hasil penilaian presentasi kepala daerah.

Jika berdasarkan skor maka, daftar urutan tersebut dapat disebut sebagai pemeringkatan. Peringkat Kabupaten Bogor dengan demikian meningkat dari urutan 9 tahun 2029 menjadi urutan 3 pada tahun 2020.

Baca juga  Pemkab Bogor Serahkan Hadiah kepada 10 Pemenang Lomba Video Nadzom Alfiyah

Simanjuntak mengatakan pula, bahwa dari 35 indikator penilaian, salah satunya adalah jumlah inovasi daerah.

Daftar inovasi inilah, yang menurut Kepala Bidang  Perekonomian dan Sumberdaya Alam Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Rini Kusumawati diserahkan kepada panitia IGA yang ditunjuk Kemendagri.

Berapa jumlah inovasi layanan publik Kabupaten Bogor yang diserahkan kepada Panitia IGA?

Cukup banyak, yakni mencapai 277 inovasi di berbagai bidang, digital dan non digital.

Rini Kusumawati mengatakan, sebanyak 277 inovasi itu dibuat dalam dua tahun sejak Ade Yasin dan Iwan Setiawan menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bogor yang dilantik 31 Desember 2018. Namainovasinya macam-macam, semuanya dikreasi agar mudah diingat dan sesuai dengan peruntukannya.

Baca juga  Persikabo 1973 Antusias Persiapkan Diri Hadapi Musim Baru

Berikut daftar lengkap inovasi layanan 277  publik Kabupaten Bogor,

[] Admin/Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top