Kota Bogor

Giatkan Baca Anak, TBM Lentera Pustaka Cabang Balumbang Jaya Diresmikan

balumbang jaya

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Berkolaborasi dengan panitia SERUNI 2021 IPB dan BEM KM IPB, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka Desa Sukaluyu, Kabupaten Bogor meresmikan peluncuran taman bacaan cabang Balumbang Jaya, Kota Bogor, Sabtu (11/9/2021). Hal ini bertujuan untuk mewujudkan solusi giat membaca buku di kalangan anak-anak di masa pandemi Covid-19. Dihadiri Ketua RW 12, Presiden KM IPB, Ketua Pelaksana Semarak Bumi Tani 2021 IPB, dan perwakilan TBM Lentera Pustaka pusat serta 50-an anak.

TBM Lentera Pustaka cabang Balumbang Jaya akan beroperasi seminggu 2 kali dan dikoordinir oleh BEM KM IPB.

Dengan luas area 2,7 × 8 meter dan di atas bangunan wakaf milik warga, TBM Lentera Pustaka cabang Balumbang Jaya nantinya diharapkan dapat menjadi sentra pemberdayaan masyarakat khususnya dalam meningkatkan minat baca anak. Karena selama ini, anak-anak aktivitas kesehariannya lebih banyak bermain gawai.

Baca juga  Soal Literasi dan Taman Bacaan, Tidak Bisa Hanya di Belakang Meja

“Selamat atas peluncuran TBM Lentera Pustaka cabang Balumbang Jaya Bogor. Kami akan terus mensupport buku-buku bacaan dan kurikulum taman bacaan yang berbasik TBM Edutainment. Agar aktivitas membaca anak-anak di sini dapat berlangsung maksimal,” ujar Ilham Bahrul Ulum, relawan TBM Lentera Pustaka dalam sambutannya didampingi wali baca Susi dan Dilla.

Selain menyediakaan akses bacaan, taman bacaan ini diharapkan mampu membantu program pemerintah dalam peningkatan tradisi baca dan budaya literasi baca anak-anak khususnya di perkampungan padat di Kota Bogor.

Akram, Panitia SERUNI 2021 IPB menjelaskan pembukaan taman bacaan ini sekaligus menjadi bagian pengabdian masyarakat mahasiswa IPB khususnya di bidang pendidikan nonformal. Maka melalui BEM KM IPB nantinya akan membimbing aktivitas taman bacaan di wilayah RW 12 Balumbang Jaya.

Taman bacaan cabang ke-1 dari TBM Lentera Pustaka ini nantinya akan menjalankan model “TBM Edutainment” sebagai basis pengelolaan taman bacaan. Yaitu menerapkan 1) salam literasi, 2) doa literasi, 3) senam literasi, 4) nyanyi literasi, 5) laboratorium baca, 6) membaca bersuara, dan 7) event bulanan. Aktivitas harian taman bacaan ini akan melibatkan “mitra relawan” seperti 1) Karang Taruna Kel. Balumbang Jaya, 2) Bentang Asa Foundation, dan 3) IPB Mengajar.

Baca juga  TBM Lentera Pustaka di Kabupaten Bogor Gencarkan Membaca di Alam

Seperti yang diketahui, tingkat literasi di Indonesia tergolong sangat rendah. Data UNESCO menyebut minat baca Indonesia hanya 0,001 persen atau hanya 1 dari 1.000 orang yang memilikit minat baca. Karena itu, TBM Lentera Pustaka cabang Balumbang Jaya bertekad menyediakan akses bacaan kepada anak-anak. Sebagai penyeimbang gempuran era digital.

“Mewakili warga RW 12 Balumbang Jaya, kami sangat senang sekali dengan dibukannya TBM Lentera Pustaka di sini yang diinisiasi mahasiswa IPB. Agar anak-anak kami terbiasa membaca buku, bukan hanya main,” kata Ketua RW 12 Balumbang Jaya.

Karena itu, TBM Lentera Pustaka pun mengajak seluruh pihak untuk berkolaborasi dalam mendukung aktivitas taman bacaan di mana pun. Minimal bisa menyumbang buku bacaan sebagai bagian untuk menebarkan virus giat membaca di kalangan anak-anak. Taman bacaan memang butuh sinergi dan kolaborasi seperti yang dipraktikkan di TBM Lentera Pustaka cabang Balumbang Jaya.

Baca juga  Gandeng TBM Lentera Pustaka, Bank Sinarmas Giatkan Literasi Keuangan Anak

Ke depan, semoga kehadiran TBM Lentera Pustaka cabang Balumbang Jaya dapat memberi semangat baru bagi anak-anak untuk rajin membaca, di samping tetap sekolah untuk meraih cita-citanya. Seperti kata Voltaire, semakin banyak membaca, makin banyak berpikir, dan makin sadar bahwa kita tidak mengetahui apa pun. Salam literasi. []

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top