Ketua Forum Wacana IPB Kiki Yulianto, STP., MP. (kanan) dan CEO SWAN Statistics Consultant Hasan Azhar Zainudin (kiri)

Forum Wacana dan SWAN Statistics Consultant Teken MOU

NETIZEN – BOGOR-KITA.com – Departemen Akademik dan Penelitian Forum Wacana Institut Pertanian Bogor menyelenggarakan pelatihan statistik sekaligus penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MOU)  dengan SWAN Statistics Consultant, Sabtu (9/2/2019).

MOU ditandatangani oleh Ketua Forum Wacana IPB Kiki Yulianto, STF., MP. dan CEO SWAN Statistics Consultant Hasan Azhar Zainudin.

Bertempat di ruang danau Sps. Rd 2 acara yang dihadiri oleh pengurus, pimpinan Forum Wacana beserta perwakilan dari SWAN Statistics Consultant kegiatan ini dimulai pada pukul 09.30 WIB.

Nota kesepahaman bersama ini merupakan sebuah bentuk perjanjian kerjasama yang akan dijalin antara Forum Wacana dan SWAN Statistics Consultant dalam pelatihan di bidang statistik untuk mahasiswa  selama 1 tahun.

Menurut Ketua Departemen Akademik dan Penelitian Forum Wacana, Irwan, S.Pd., M.Si. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pascasarjana IPB mengenai statistik.

Kegiatan ini dilakukan selama satu tahun kepengurusan yang direncanakan satu bulan dua kali yaitu awal bulan dan akhir bulan. Semoga peserta antusias untuk mengikuti pelatihan ini dan mampu mengaplikasikan.

Program kerja Departemen Akademik dan Penelitian selain pelatihan statistik, juga ada beberapa kegiatan pelatihan seperti, pelatihan e-journal dan mendeley, pelatihan penulisan jurnal, mentoring jurnal, kelas statistik, pelatihan TOEFL, kelas bahasa inggris, workshop beasiswa dan exchange program, penelitian / survei, dan seminar internasional.

CEO SWAN Statistics Consultant, Hasan Azhar Zainudin menuturkan melalui pelatihan statistik ini diharapkan peserta tidak hanya   mengetahui tentang teorinya saja tetapi juga dapat mengimplementasikan penggunaan softwarenya.

Kiki Yulianto selaku Ketua Forum Wacana IPB dalam sambutannya mengatakan penyelenggaraan pelatihan statistik bersama Lembaga SWAN merupakan pelatihan yang kedua kali setelah tahun lalu. Forum Wacana diberikan mandat oleh IPB untuk mempercepat studi mahasiswa pascasarjana di IPB yang selama ini mahasiswa Pascasarjana lulus rata-rata 2.7 tahun untuk jenjang S2. dan rata-rata lulus 4.3 tahun untuk mahasiswa S3.

Kiki Yulianto menambahkan, untuk program kerja satu tahun ini disamping pelatihan statistika, Forum Wacana kedepannya akan menyelenggarakan international conferences yang bisa di ikuti oleh mahasiswa pascasarjana IPB. Kerjasama ini kelanjutannya tidak hanya dalam pelatihan statistik, diharapkan juga SWAN dapat menyelenggarakan tutorial menjelang UTS dan  tutorial menjelang UAS.

“Kerjasama Forum Wacana dan Lembaga SWAN ini diharapkan dapat berjalan baik untuk satu tahun kedepan dan juga diharapkan menyelenggarakan tutorial yang berbayar maupun tidak berbayar,” pungkasnya. [] Nasihin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *