DPRD Kabupaten Brebes Kunker ke Kota Bogor, Bahas Percepatan Penanganan Covid-19

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat mendampingi Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto menerima kunjungan kerja (kunker) rombongan DPRD Kabupaten Brebes di Ruang Rapat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor, Kamis (9/7/2020).

Dalam kunjungan tersebut, rombongan DPRD Kabupaten Brebes yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Brebes , Muhammad Taufiq membawa 26 orang yang terdiri dari 19 orang anggota Panitia Khusus (Pansus) Covid-19 dan 7 orang eksekutif Kabupaten Brebes, salah satunya Wakil Bupati Brebes, Narjo.

Pada pertemuan yang berlangsung selama dua jam, Sekda Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Sri Nowo Retno menerangkan beberapa program dan kebijakan yang diterapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dalam percepatan penanganan Covid-19, mulai dari kesehatan, ekonomi dan Jaringan Pengaman Sosial (JPS).

“Mulai dari tingkat pemerintah pusat maupun daerah, belum ada yang memiliki pengalaman menghadapi dan menangani kondisi seperti ini. Namun demikian kita bersama unsur Muspida Kota Bogor serta pihak terkait lainnya terus berupaya secara maksimal,” kata Sekda Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat.

Perjuangan yang dihadapi Kota Bogor, ujar Sekda cukup berat, mengingat kedekatan dengan Ibu Kota DKI Jakarta, dimana arus manusia dan transportasi yang ada cukup tinggi.

Bersama pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi DKI dan Jawa Barat, Pemkot Bogor melaksanakan berbagai upaya guna menekan penyebaran atau penularan Covid-19. Salah satu kegiatan sinergitas dengan Pemprov DKI Jakarta adalah penyediaan bus gratis guna mengurangi kepadatan bagi para penumpang Commuterline asal Kota Bogor menuju Jakarta.

Selain itu diterangkan juga beberapa inovasi Pemkot Bogor untuk lebih menekan penularan dan penyebaran Covid-19 dengan membentuk RW Siaga Corona, tenaga survei khusus untuk melakukan survei di masyarakat yang melibatkan aparatur wilayah yang disebut Detektif Covid.

Upaya lainnya adalah pelaksanaan swab test secara massif di tempat yang memiliki potensi tinggi penularan.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto menjelaskan, DPRD Kota Bogor dalam membantu percepatan penanganan Covid-19 membentuk 2 pansus, yakni Pansus Pengawasan Anggaran dan Pansus Pengawasan Penanganan Covid-19 guna mengawasi alokasi anggaran penanganan Corona digunakan secara benar.

“Tujuannya memastikan langkah antisipasi dalam penanganan Covid-19 di Kota Bogor agar lebih cepat dan tepat,” jelas Atang. [] Hari/Prokompim



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *