Dinkes Kabupaten Bogor Sambut Gebyar HKN Tahun Emas

BOGOR-KITA.com – Dalam rangka memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-50, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Kesahatan (Dinkes) akan menggelar berbagai rangkaian acara, antara lain, Pola Hidup Bersih dan Sehat, Anti Rokok, Fun Bike, Donor Darah serta Hitanan Massal.

Hal itu dikatakan oleh Dirut RSUD Ciawi, Drg. Hesti Iswandari MKes yang disampakan oleh Panitia HKN ke 50 Tahun 2014, Drg Achmad Zaenudin, MARS kepada PAKAR di ruang kerjanya, di Jalan Raya Ciawi, Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi, Selasa (11/11).

"Lomba peringatan HKN ke 50 ini, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat menjaga kesehatan. Selain itu juga kita mengelar berbagai acara yakni upacara peringatan HKN ke 50 di Kantor Dinkes di Cibinong pada Rabu 12 Novemver 2014, dilanjutkan dengan senam gembira di Lapangan Tegar Beriman, di Minggu 16 November 2014, dan Puncak acara HKN digelar di Taman Budaya Sentul, hari Sabtu tanggal 22 November 2014, serta Simposium Ilmiah dilokasi RSUD Ciawi, Senin 24 November 2014 dan Bakti Sosial yakni donor darah dan khitanan massal di RSUD Ciawi pada Selasa 25 November 2014," ujarnya.

Ia mengharapkan beragam kegiatan yang dilakukan Dinkes Kabupaten Bogor ini bukan semata-mata hanya hura-hura dan seremoni biasa , melainkan bisa memberikan motivasi dan contoh untuk meningkatkan kesadaran pada masyarakat dalam hal mengenai kesehatan.

"Kami juga mengharapkan Dinas Kesehatan yang ada diwilayah Kabupaten Bogor dapat mengirimkan perwakilan peserta pada masing-masing gebyar acara yang telah disajikannya tersebut,” pintanya.

Zaenudin juga menuturkan, momen yang paling penting dalam peringatan HKN ini, intinya bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat di Bumi Tegar Beriman. "Selain itu juga kita sudah membagikan pamplet ke pada masyarakat Kabupaten Bogor dibeberapa titik lokasi, agar mereka (masyarakat-red)  dapat mengetahui dan menyadari sangat pentingnya kesehat tersebut," pungkasnya.

Sementara itu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Demikian ditegaskan oleh Dini Susanti Hasan Toto, Wakil Direktur Administrasi pada RSUD Cibinong kepada PAKAR, Selasa (11/11), kemarin.

Menurutnya, Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang berlangsung hari ini, Rabu (12/11) harus menjadi ajang refleksi dan momentum dalam meningkatkan semangat pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Pelayanan kesehatan menjadi salah satu pendukung penting dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Dalam penciri kabupaten termaju juga menyoroti kesehatan yang harus kita dukung dan wujudkan sesuai dengan visi dan misi Bupati serta Wakil Bupati masa jabatan 2013-2018,” ujar Dini, sapaan akrabnya.

Masih kata dia, sebagai bentuk keseriusannya dalam pengembangan pelayanan, RSUD Cibinong kini tengah mempersiapkan diri karena ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat sebagai RSUD Rujukan Regional.

“Kita masih dalam persiapan ke arah sana. Nanti kapan terwujudnya, kita menunggu Dinkes karena ada beberapa yang masih harus dipenuhi,” lanjutnya.

Ia mengatakan, RSUD Cibinong menjadi rumah sakit rujukan regional dengan pertimbangan peralatan yang telah terpenuhi, tipenya sudah B, dan lokasinya strategis. Dini berharap, peringatan HKN bisa menjadi ajang untuk peningkatan kualitas dan juga standar kesehatan masyarakat, khususnya di bumi “Tegar Beriman”.

RSUD Cibinong sendiri mengikuti kegiatan HKN tingkat Kabupaten Bogor di bawah koordinator RSUD Ciawi. “Kita berpartisipasi dalam sejumlah kegiatan sosial, diantaranya bakti sosial, donor darah, sunatan massal, serta sejumlah seminar dan lomba terkait PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat-red.),” tandasnya.[] Harian PAKAR/Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *