Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh

Dewan Pers Tekankan Tiga Hal Pada Perusahaan Pers

BOGOR-KITA.com, JAKARTA – Ada tiga hal yang ditekankan Dewan Pers kepada media, agar perusahaan pers bisa menjaga independensinya.

Tiga hal itu disampaikan Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh saat memberikan sambutan dalam Seminar Refleksi Kebebasan Pers 2019 dan Peluncuran Buku Mengenal Dewan Pers, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Pertama, media berperan besar menciptakan ruang koneksi. Dirinya mengatakan, antara gagasan besar dengan realita harus nyambung. Penting bagi ruang publik diisi dengan informasi sahih. Maka dari itu, ‘pabrik-pabrik’ informasi harus diisi jurnalis yang berkompeten.

“Sebagai produsen informasi, perusahaan pers harus selalu menciptakan informasi sahih,” kata dia, yang mengajak perusahaan pers melakukan akreditasi perusahaan, dan pelatihan berkelanjutan bagi para jurnalisnya.

Adapun pesan kedua, perusahaan media harus memberikan perlindungan yang maksimal kepada jurnalisnya yang bertugas. Dirinya mengatakan, tanpa perlindungan maksimal, mustahil jurnalis bisa bekerja dengan tenang.

Pesan ketiga, atau yang terakhir, perusahaan media bertanggung jawab memberikan kesejahteraan bagi para jurnalisnya.

“Susah rasanya kalau kita berharap produk jurnalistik sangat berkualitas, sementara kebutuhan dasar jurnalis sangat minimal. Di bawah standar. Tak ada pilihan lain kecuali perusahaan pers harus tumbuh berkembang dengan baik,” kata mantan Menteri Pendidikan Nasional ini.[] Ipung



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *