Deteksi Setiap Potensi Konflik Sosial

Deteksi Setiap Potensi Konflik Sosial

BOGOR-KITA.com – Kantor Kebangsaan dan Politik Kota Bogor, Senin (31/10/2016) menggelar Forum Konsultasi dan Komunikasi Daerah Tingkat Kota Bogor (FORKONKOMDA) di Chrysant Harmony Yasmin, Kota Bogor. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi diantara aparatur pemerintah di wilayah dalam mendeteksi dan mengatasi potensi konflik.
“Kegiatan ini memang diperlukan agar aparatur di wilayah dapat mendeteksi dan mengetahui potensi konflik sosial yang ada di tengah masyarakat sekaligus mencari solusinya,” kata Asisten Pemerintahan Kota Bogor, Hanafi saat membuka kegiatan tersebut. Menurutnya, dengan adanya komunikasi dan koordinasi yang baik, setiap potensi konflik dapat ditekan sehingga tidak muncul konflik yang melibatkan massa.
Konflik yang terjadi lebih disebabkan kurang terbangunnya komunikasi dua arah. “Oleh karena itu sebagai aparatur wilayah, kita harus mampu mewaspadai dan mengetahui potensi tersebut agar tidak terangkat ke permukaan, ” jelas Hanafi dihadapan peserta forum yang merupakan 68 Kepala Seksi Trantib Kecamatan dan Kelurahan. Menurutnya selama ini aparatur wilayah sering kurang paham kemana berkoordinasi dalam menghadapi permasalahan.
Selain itu Hanafi berharap, aparatur wilayah mampu mengembangkan kualitas dan kapasitas diri dengan membangun ikatan dan jaringan dengan warga sekitar. Juga mampu membuka diri dengan memanfaatkan perkembangan informasi dan teknologi. Kegiatan itu turut diikuti perwakilan Polresta Bogor Kota selaku salah satu nara sumber. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *