Situ Gede di Kota Bogor

Design Situ Gede Kota Bogor Tuntas, Pembangunan Masjid Terapung Batal

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Rancangan design penataan kawasan Situ Gede oleh tim konsultan dari Provinsi Jabar sudah mencapai 95 persen. Sejumlah fasilitas akan menghiasi situ yang akan dijadikan kawasan ekowisata.

Hal ini dikemukakan Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim di Balai Kota Bogor pada Kamis (19/12/2019).

“Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor saat ini sedang mematangkan rencana penataan kawasan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat. Rencana pembangunan penataan kawasan itu akan dibiayai oleh Provinsi Jawa Barat senilai Rp4 miliar dan dimulai pada awal tahun 2020,” kata Dedie.

Menurut Dedie, Situ Gede akan dilengkapi sejumlah fasilitas, meliputi fasilitas olahraga, jogging track. Fasilitas tersebut nantinya akan mengitari sekeliling Situ Gede.

Nantinya juga ada menara pemantau setinggi 12 meter, dan beberapa titik lokasi untuk area foto.

Dikatakan, rencana membangun Masjid Terapung tidak jadi karena ada ketentuan dari UPTD PSDA Provinsi Jabar untuk meminimalisir bangunan fisik di kawasan Situ Gede.

Ke depan, kawasan Situ Gede ini akan dikembangan menjadi kawasan Ekowisata atau Ekoturisme yang merupakan salah satu kegiatan pariwisata berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan.

Sebelumnya, jajaran Pemkot Bogor telah melakukan rapat pembahasan laporan hasil akhir penyusunan DED Situ Gede dengan konsultan dan tim ahli dari Provinsi Jawa Barat. [] Admin/Humas Pemkot Bogor



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *