Kota Bogor

2019, Layanan Disdukcapil Kota Bogor Kian Sempurna

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Tahun 2019 segera berlalu. Refleksi akhir tahun menjadi kelaziman, tidak saja bagi individu tetapi juga bagi institusi pemerintah maupun swasta.

Di era teknologi kecerdasan buatan yang dikenal dengan teknologi 4.0 yang ditandai dengan percepatan dan kemudahan memberikan layanan kepada masyarakat, BOGOR-KITA.com menghubungi sejumlah kantor pemerintah terutama Kota dan Kabupaten Bogor untuk mengungkap tingkat pelayanan dan kemudahan yang diberikan kepada masyarakat sepanjang tahun 2019. 

Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  (Dikduscapil) Kota Bogor salah satu yang patut diapresasi. Disduksapil Kota Bogor tidak  sekadar memberikan layanan mudah, tetapi juga memiliki inovasi layanan.

“Salah satunya berupa kado Disdukcapil bahagia yang surprise kepada mempelai di saat resepsi dengan memberikan KTP kepada mempelai dengan status kawin, dan kartu keluarga (KK) baru,” kata  Kepala Disdukcapil Kota Bogor Sujatmiko Baliarto kepada BOGOR-KITA.com, Jumat (21/12/2019).

Baca juga  Bima Hadiri Bukber ILUNI SMPN 1 Kota Bogor Dengan Anak Yatim

Tidak heran Dikduscapil berhasil meraih piagam penghargaan dari Menpan RB sebagai Disdukcapil yang memberikan layanan prima dengan predikat sangat memuaskan dari dinas dinas lain di Indonesia.

Berikut bentuk kemudahan layanan yang diberikan Dikduscapil Kota Bogor sepanjang tahun 2019.

1. Keluaran dokumen layanan dari Disdukcapil dengan tanda tangan elektronik agar mempercepat proses layanan.

2. Melakukan kerjasama melalui perjanjian kerjasama (PKS) dengan seluruh rumah sakit di Kota Bogor dalam program 3 in 1 layanan akta kelahiran, langsung dapat kartu keluarga (KK) dan kartu identitas anak (KIA) untuk mempermudah masyarakat.

3. Adanya giat kewilayahan berupa kado Disdukcapil bahagia di mana memberikan surprise kepada mempelai di saat resepsi dengan memberikan KTP kepada mempelai dengan status kawin, dan kartu keluarga (KK) baru.

Baca juga  Forki Kota Bogor Minta Sertifikat Atlet Disetarakan

4. Melaksanakan program pembuatan Akte kelahiran secara kolektif yang dikoordinir oleh lembaga lembaga sosial dan unit kerja Polres dan Yonif garuda.

Membuat aplikasi sistem layanan pencetakan on line untuk layanan akte, KIA dan KK

5. Memberikan percepatan percepatan layanan dengan mengurangi perayaratan persyaratan yang tidak perlu dan peningkatan SOP.

6. Percepatan layanan dengan memberdayakan peran aparatur wilayah dan pendekatan layanan dengan menambah outlet layanan baru di wilayah.

Prestasi yang diraih, berupa piagam penghargaan dari Menpan RB sebagai Disdukcapil yang memberikan layanan prima dengan predikat sangat memuaskan dari dinas dinas lain di Indonesia. [] Ricky

 

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top