Desa Cibuntu bangun jembatan tanpa bantuan Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Desa Cibuntu Bangun Jembatan Tanpa Bantuan Pemkab Sukabumi

BOGOR-KITA.com – Masyarakat Desa Cibuntu akhirnya bisa membangun jembatan penghubung antar-desa tanpa bantuan Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Jembatan yang dibangun dengan dukungan pihak swasta tersebut menghubungkan Desa Cibuntu dengan Desa Tonjong, di Kabupaten Sukabumi.

Pembangunan jembatan ini menjadi catatan kinerja Kepala Desa Cibuntu, Unang. Unang cukup banyak menorehkan kinerja positif untuk rakyat  tanpa campur tangan pemerintah daerah.

Menanggapi hal itu, Sekjen IBR (Indonesia Bergerak) Bayu Nugraha, mengatakan, apa yang dicapai Unang  dapat disebut sebagai sebuah pekerjaan yang sangat mulia dan sangat jarang bisa dilakukan oleh kepala desa yang lain.

“Kinierja ini diharapkan bisa jadi menyentil pemerintah daerah ataupun dinas,” tegas Bayu Nugraha.

Menurut Bayu pemeratraan pembanguan di Kabupaten Sukabumi patut menjadi sorotan. “IBR pernah mendorong bahkan melakukan aksi demo tentang hal ini,” katanya.

Dalam demo itu, kata Bayu, IBR mendesak Pemkab Sukabumi melakukan pemerataan pembangunan untuk desa-desa yang tidak pernah disentuh oleh pemerintah daerah.

Bahkan ada jalan kabupaten yang selama berpuluh-puluh tahun tidak pernah disentuh oleh pembangunan.

Bayu berharap semua kepala desa bisa mandiri dan bisa mencontoh Kepala Desa Cibuntu.

“Mari kita sama-sama membangun desa, karna desa adalah sumber kekuatan ekonomi buat masyarakat yang ada di daerah,” pungkasnya. [] Dede Heri



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *