Stadion Pakansari Bogor merupakan salah satu lapangan yang digunakan untuk Piala Dunia U 20 tahun 2021.

Demi Piala Dunia U-20 di Indonesia, Liga 1 dan 2 Harus Dilanjutkan

BOGOR-KITA.com, JAKARTA – Demi menyukseskan penyelenggaraan even besar Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia, PSSI wajib menyelesaikan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim 2020.

“Kelancaran jalannya Liga 1 dan Liga 2 menjadi modal kampanye bagi Indonesia untuk menunjukkan mampu menggelar event kelas dunia nanti,” kata Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, di laman PSSI, Sabtu (6/6/2020).

Indra Sjafri mengatakan, Indonesia harus bisa menunjukkan kepada dunia mampu beradaptasi dengan situasi terkini yang tengah dilanda pandemi Covid-19.

“Kami merasa perlu kampanye lewat sepak bola bahwa Indonesia sudah mulai beradaptasi dan belajar dengan situasi new normal dengan menjalankan protokol kesehatan. Kompetisi sepak bola adalah kampanye yang baik buat dunia internasional,” jelas Indra Sjafri.

Indra Sjafri menerangkan, terkait hubungan lanjutan Liga 1 dan Liga 2 dengan Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang akan berlangsung di Indonesia, PSSI bisa belajar dari pengalaman  saat menjadi tuan rumah Piala Asia 2007.

Untuk Piala Dunia U-20, PSSI ingin menyiapkan tim terbaik agar timnas Indonesia mengukir prestasi di ajang dua tahunan tersebut. Lanjutan Liga 1 dan 2 musim 2020 dinilai menjadi wadah yang tepat untuk menemukan pemain-pemain yang dibutuhkan.

Baca juga  Naturalisasi Pesepakbola Muda, LaNyalla: Harus Ada Relevansinya

“Jika pemain U-20 tidak dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan, mereka bisa berkompetisi di Liga 1 dan 2 karena rata-rata pemain sudah memiliki klub. Pemusatan latihan biasanya hanya diikuti 23 sampai 30 pemain. Mereka yang tidak mengikuti itu masih tetap dapat mengasah kemampuan lewat kompetisi,” terang Indra Sjafri yang sukses membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 2013 dan Piala AFF U-22 2019.

Menurut Indra Sjafri, dilanjutkannya Liga 1 dan Liga 2 akan membuat sebagia roda ekonomi kembali bergerak mulai dari hotel hingga katering. “Apalagi pemerintah telah menyarankan kita tetap berdampingan dengan Covid-19 dan tetap produktif,” tutur Indra.

Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2020, yang diliburkan sejak Maret karena pandemi virus corona rencananya akan bergulir lagi mulai September atau Oktober 2020.

Dalam regulasi kompetisi ini setiap klub berkewajiban untuk memainkan pemain U-20 demi persiapan menuju Piala Dunia U-20 tahun 2021. [] Anto



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *