Kota Bogor

Dedie Rachim Minta Warga Kota Bogor Waspada Bencana

Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap bencana.

Pasalnya di awal tahun 2021 ini, sejumlah daerah di Indonesia dilanda bencana alam seperti longsor, banjir hingga gunung meletus.

Dedie mengatakan, akhir-akhir ini cuaca di Kota Bogor sering turun hujan dengan intensitas tinggi, untuk itu dirinya meminta warga yang tinggal di bantaran sungai agar berhati hati.

“Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu saat ini, Kota Bogor harus siap dan masyarakat terutama yang bermukim di bantaran sungai harus waspada,” ucap Dedie, Selasa (19/1/2021).

Menurut Dedie, peristiwa longsor maupun banjir di Kota Bogor harus jadi perhatian. Kontur tanah yang labil serta banyak tebingan curam, bisa mengakibatkan bencana alam.

Baca juga  FAO Danai Guru Besar IPB Kembangkan Talas Sebagai Pangan Masa Depan

“Saya mengimbau kepada masyarakat yang bertempat tinggal di bantaran sungai yang terjal, di tebing, kemudian juga mereka yang berada di sisi sungai atau saluran kali untuk waspada, kemudian juga memitigasi melakukan mapping, kira-kira seberapa besar resiko bencana yang akan dihadapi apabila curah hujan yang tinggi,” terangnya.

Terkait penanganan bencana, lanjut Dedie tim BPBD Kota Bogor sudah siap, termasuk juga dengan tim Tagana yang ada, yang sudah terlatih dalam penanganan kebencanaan.

Dengan demikian, kata Dedie, permasalahan di Kota Bogor bukan hanya kesiapan dari BPBD saja, melainkan warganya, terlebih mereka yang memiliki risiko tinggi terhadap bencana yang tentunya harus mewaspadai akan bencana, dan bila perlu dapat menghindari bencana sejak dini.

Baca juga  Jubir Covid-19 Kabupaten Bogor: Transmisi Keluarga Masih Terjadi

“BPBD kita sudah siap, teman-teman BPBD ini bekerja sama dengan Tagana sudah terlatih. Jadi kalau untuk menghadapi bencana insya allah kita siap, tetapi masyarakat yang punya risiko tinggi terhadap bencana harus mewaspadai diri, mempersiapkan diri yang kemudian menghindarkan dari bencana,” tutupnya. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top