Kab. Bogor

Dana Desa Belum Cair, Ratusan KPM Di Enam Desa di Cisarua Menanti BLT

Ilustrasi

BOGOR-KITA.com, CISARUA – Tiga Desa di Kecamatan Cisarua sudah menyalurkan bantuan tunai terhadap ratusan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akibat terdampak pandemi Covid-19. Tiga desa tersebut yakni, Desa Tugu Utara, Desa Citeko dan Desa Kopo.

Sementara, enam desa lainnya masih menunggu pencairan Dana Desa.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Cisarua, Arbik mengatakan, tahun 2021 jumlah KPM di setiap desa mengalami penurunan.

“Turun angka penerimanya mencapai 10 hingga 15 persen,” ujar Arbik kepada wartawan, Kamis (6/5/2021).

Desa Citeko yang pada tahun 2020 menyalurkan ke 155 orang KPM, Kali ini hanya 140 KPM, Desa Kopo dari sebelumnya menyalurkan bantuan tunai ini ke 160 KPM, kini hanya 141 KPM dan Desa Tugu Utara dari kurang lebih 250 orang menjadi 230 KPM.

Baca juga  Digelar Sebulan Penuh, 34 UMKM Ikuti Festival Kuliner Ramadan di Depan Kantor Kecamatan Cisarua

Kondisi ini dipengaruhi karena sebagian keluarga yang sebelumnya mendapatkan bantuan tunai yang bersumber dari Dana Desa ini sudah mengalami perbaikan secara ekonomi.

“Setiap waktu ada evaluasi data KPM, jadi setelah melalui musyawarah maka munculah jumlah KPM baru, ini hasil musyawarah di desa,” ungkapnya.

Untuk desa yang belum melaksanakan penyaluran agar tetap bersiap. Sebab, bantuan tunai tersebut tetap harus dibagikan sebelum lebaran.

“Kesepakatan dari DPMD juga sebelum lebaran harus sudah dibagikan, karena berkas pengajuan semua desa di Kecamatan Cisarua sudah beres, jadi tinggal nunggu,” tandasnya. [] Danu

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top