Kota Bogor

Cetak Kader Kesehatan, Dinkes Gelar Pelatihan

BOGOR-KITA.com – Dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS), Dinas Kesehatan Kota Bogor menggelar Pelatihan Petugas Pelaksana POSBINDU PTM Kota Bogor di Bogor Green Room Balaikota Bogor. Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan mulai 26 hingga 27 Mei 2016 diikuti kurang lebih 50 PNS yang berasal dari semua OPD Kota Bogor, mulai dari Kelurahan, Kecamatan hingga kantor Dinas.
Kabid.P3PL Dinas Kesehatan Kota Bogor Edi Darma menjelaskan, selama ini banyak PNS yang tidak menyadari bahwa dirinya berada dalam resiko tinggi yang mengancam kesehatannya akibat penyakit tidak menular. Salah satunya adalah tekanan pekerjaan yang mengakibatkan stress. “Hal ini menimbulkan kekhawatiran tersendiri, karena hal itu Dinkes melaksanakan pelatihan dan membuka akan Pos Bimbingan Terpadu (Posbindu) dengan mencetak kader-kader intern Pemkot Bogor untuk melakukan penyuluhan dan pemeriksaan yang dilakukan di OPD masing-masing,” kata Edi Dharma, Jumat (27/5/2016).
Edi menambahkan, pelatihan juga digelar untuk mencegah, mengurangi serta membantu mengedukasi para PNS Kota Bogor yang tidak menyadari bahwa dirinya memiliki satu penyakit. Melalui kegiatan ini diharapkan para peserta pelatihan dapat melakukan pemeriksaan kesehatan bagi sesama PNS Pemkot Bogor sehingga diharapkan mampu mengurangi penyakit yang mempengaruhi kesehatan para pegawai.
“Dengan pelatihan ini, nantinya para peserta pelatihan dapat melakukan pemeriksaan kesehatan secara dini dan bisa didampingi petugas dari Dinas Kesehatan,” tambah Linda, Kepala Seksi PTM Dinas Kesehatan Kota Bogor.
Dalam pelatihan ini peserta mendapatkan materi tentang konseling kesehatan dan gizi. Para peserta juga diberikan penjelasan efek buruk rokok. “Untuk gizi saat ini empat sehat lima sempurna dirasa sudah kurang relevan. Kebutuhan gizi yang disarankan adalah konsumsi gizi seimbang,” pesan salah satu panitia, Megawati.
Menurut Megawati kebutuhan gizi seimbang terdiri dari makanan yang didalamnya mengandung zat pembangun, zat pengatur dan zat tenaga. Tekanan pekerjaan yang tinggi meningkatkan tekanan stress bagi seseorang, stress tidak dapat dicegah atau dihindari namun dapat dikendalikan. Melalui kegiatan ini para peserta dilatih untuk mampu mendeteksi dini penyakit tidak menular di kalangan pegawai Pemerintah Kota Bogor. [] Admin

Baca juga  Peserta Open Bidding Eselon II di Pemerintah Kota Bogor Boleh Melamar Dua Posisi
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top