Kab. Bogor

Cegah Virus Covid-19, Puskesmas Curug Hadirkan Inovasi Petruk untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

BOGOR-KITA.com, JASINGA – Selain menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19 masyarakat juga perlu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Cara meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah Covid-19 bisa dilakukan dengan konsumsi bahan herbal yang mudah didapatkan di sekitar tempat tinggal.

Minuman herbal yang kaya rempah-rempah yang biasanya hanya dikonsumsi pada waktu-waktu tertentu dan oleh orang-orang kini diarahkan menjadi semacam wajib bagi setiap rumah tangga Hal ini didasari alasan bahwa minuman herbal memang menyediakan berbagai macam khasiat dan manfaat bagi tubuh, yang telah terbukti secara turun temurun. Bahan ramuan herbal tersebut sangat melimpah dan mudah didapatkan di wilayah Kecamatan Jasinga, hal inilah yang menginspirasi Kepala Puskesmas Curug, Alih Yuliadi, SKM untuk menhadirkan inovasi PETRUK (Pemanfaatan Tanaman Obat Tradisional untuk Kesehatan) di tengah masyarakat.

Baca juga  Buru Sergap Covid-19 Puskesmas Curug

Inovasi Petruk merupakan upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 dengan memanfaatkan tanaman tradisional yang ada di kebun tanaman tradisional puskesmas dan warga untuk dibuat menjadi minuman herbal agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memulihkan pasien yang terkonfirmasi positif  Covid-19.

“Kami menciptakan inovasi Petruk merupakan bagian dari ikhtiar dalam proses menyembuhkan pasien yang terkonfirmasi positif maupun orang tanpa gejala (OTG). Karena dengan mengonsumsi minuman herbal tersebut mampu meningkatkan daya tahan dan kekebalan bagi tubuh pasien. Hal ini, tidak lepas juga dari jumlah pasien terkonfirmasi yang berasal dari OTG di wilayah kerja Puskesmas Curug yang terus meningkat,” jelas Alih Yuliadi.

Dendi Nugraha, AMd.Kep sebagai penanggung jawab inovasi Petruk menambahkan bahwa kegiatan inovasi ini terdiri dari:1)  Pemanfaatan Tanaman Tradisional; 2) Puskesmas melalui Petugas Kesehatan Tradisional melakukan sosialisasi pemanfaatan Tanaman Tradisional untuk Kesehatan; 3) Puskesmas melalui Petugas Kesehatan Tradisional membuat Ramuan Tanaman Tradisional untuk Kesehatan; 4) Ramuan Tanaman Tradisional diberikan untuk Tenaga Puskesmas, Desa, dan Warga; dan 5) Petugas Tanaman Tradisional melakukan evaluasi manfaat Pemanfaatan Tanaman Tradisional untuk Kesehatan.” Inovasi ini sangat mudah dan murah untuk diterapkan pada masa pandemic Covid-19” jelasnya.

Baca juga  Buru Sergap Covid-19 Puskesmas Curug

Di masa pandemi seperti saat ini, manfaat minuman herbal sangat besar khususnya dalam membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, termasuk mencegah Covid-19. []

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top