Kab. Bogor

Puskesmas Pasar Rebo Ajak Keluarga Ikut Kelas Ibu Hamil

BOGOR-KITA.com, TENJO – Salah satu inovasi unggulan yang diluncurkan Puskesmas Pasar Rebo di masa pandemi Covid-19 pada Agustus 2020 adalah AKU IKLAS UMI (Ajak Keluarga Ikut Kelas Ibu Hamil) yang merupakan layanan konseling kesehatan bagi Ibu hamil melalui kegiatan kelas ibu hamil dan senam ibu hamil sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan Ibu hamil dan keluarganya.

Selama ini, pengetahuan ibu hamil hanya terbatas pada konseling yang diberikan saat bidan memeriksa saja, sehingga pengetahuan mereka sangat minim. Pemantauan difokuskan secara daring melalui group Whatsapp yang diawasi oleh pihak puskesmas untuk menghindari kerumunan sebagai upaya pencegahan Covid-19.

Inovasi ini dilatarbelakangi dengan salah satu tujuan pembangunan Millenium Development Goals (MDGs), yaitu Indonesia berupaya untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak. Anak-anak terutama neonatal sangat rentan terhadap penyakit yang berujung pada kematian. Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Neonatal (AKN) merupakan indikator status kesehatan masyarakat.

Pada Februari 2021 kelas ibu hamil “Desa Ciomas” diselenggarakan di Posyandu Banar Sendang, Selasa (9/2). Dengan materi “Tanda bahaya kehamilan” oleh Riswati A .Md. serta senam Ibu Hamil yang dipandu oleh Esih A.Md.

Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan inovasi ini dan petugas kesehatan juga memberikan layanan pemeriksaan bagi semua peserta. Selain itu, dilakukan pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil yang menderita Kurang Energi Kronis (KEK). Kegiatan tersebut dimulai pukul 09.30 WIB dan berakhir pada pukul 10.45 WIB. .

Bidan koordinator selaku penyelenggara sangat berharap kegiatan ini dapat berlangsung setiap bulan dengan partisipasi aktif dari para ibu hamil warga Desa Bojong, Babakan, Tapos dan Desa Ciomas. Dengan demikian pengetahuan tentang kehamilan akan mereka dapatkan demi peningkatan kualitas kesehatan ibu dan bayi pada khususnya dan warga Desa Bojong, Desa babakan, Desa Tapos dan Desa Ciomas pada umumnya. []

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top