Kab. Bogor

Bupati Bogor: Perubahan RPJMD 2018-2023, Menyesuaikan dengan Perubahan Kebijakan Nasional

Bupati Bogor Ade Yasin dalam Musrenbang Perubahan RPJMD Kabupaten Bogor tahun 2018-2023, di Ruang Rapat I Setda Kabupaten Bogor, di Cibinong, Jumat (23/4/2021).

BOGOR-KITA.com, CIBINONG –  Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bogor Tahun 2018-2023, adalah dalam rangka menyesuaikan dengan perubahan kebijakan di tingkat nasional.

Penegasan ini dikemukakan Bupati Bogor Ade Yasin usai Musrenbang Perubahan RPJMD Kabupaten Bogor tahun 2018-2023, di Ruang Rapat I Setda Kabupaten Bogor, Cibinong, Jumat (23/4/2021).

Musrenbang dihadiri secara langsung oleh Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Wakil Ketua DPRD Agus Salim serta para kepala perangkat daerah.

Ade Yasin mengatakan, beberapa substansi yang menjadi dasar perubahan RPJMD Kabupaten Bogor tahun 2018-2023 adalah, adanya perubahan kebijakan nasional dalam hal pemberlakukan penyeragaman penggunaan program, kegiatan, dan sub kegiatan di seluruh daerah baik provinsi, maupun kabupaten/kota.

Kemudian adanya pendemi covid-19 yang mempengaruhi kondisi makro ekonomi daerah, serta adanya perubahan nomenklatur beberapa perangkat daerah sebagai bentuk penyesuaian terhadap pemetaan program yang berlaku.

Baca juga  2 Rumah di Desa Pasir Angin Rusak Dihantam Longsor

“Saat ini kita masih dalam kondisi pandemi covid-19. Walaupun vaksinasi sudah kita lakukan tetapi kita tidak menjamin covid-19 akan segera berakhir. Oleh sebab itu, kita saat ini lebih fokus pada program kegiatan untuk peningkatan dan pemulihan ekonomi Kabupaten Bogor,” ujar Ade Yasin.

Bupati menegaskan, pemulihan ekonomi dilakukan melalui program dan kegiatan yang ada di seluruh perangkat daerah sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.  Ade Yasin meminta dinas agar program dan kegiatan yang ada disesuaikan dengan kondisi pandemi covid-19.

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, bahwa di masa pandemi ini program/kegiatan pemerintah diarahkan kepada program padat karya, pembangunan infrastruktur menuju kawasan ekonomi seperti desa wisata, sentra UMKM dan lainnya. Desa juga perlu infrastruktur yang baik supaya mereka yang punya daerah wisata bisa bagus dan dapat membantu meningkatkan pemulihan ekonomi Kabupaten Bogor,” papar Bupati.

Baca juga  Program Bebas Denda Pajak Kendaraan Samsat Kota Bogor Hingga 23 Desember

Ade Yasin meminta agar setiap perangkat daerah harus bisa mencermati mana program prioritas dan tidak. Bupati juga minta dinas mengurangi pertemuan-pertemuan besar yang memerlukan anggaran besar. Juga dikatakan, setiap program perlu output dan outcome yang jelas, sebab tujuan dari perubahan RPJMD ini untuk perubahan  yang lebih baik, bukan sebaliknya.

“Dampaknya harus dirasakan betul oleh masyarakat. Saya minta seluruh dinas untuk menciptakan program yang dampak dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat. Kita hanya operator yang mengerjakan, yang menikmati harus masyarakat,” tegasnya.

Bupati menegaskan, program/kegiatan yang harus terakomodir dalam Perubahan RPJMD tahun 2018-2023 adalah pelaksanaan visi pembangunan daerah harus berorientasi pada upaya pemulihan ekonomi yang secara umum target yang diharapkan adalah menekan angka kemiskinan dan pengangguran pada tahun 2023.

Baca juga  Ade Yasin: Anggaran Mitigasi Bencana 2021 Harus Jadi Prioritas

Pelaksanaan program prioritas dalam pembangunan harus dapat dituangkan dalam perubahan renstra perangkat daerah dalam bentuk kegiatan dan sub kegiatan yang benar-benar implementatif dan solutif bagi masyarakat, serta melakukan efisiensi penggunaan anggaran.

“Terlebih dalam menghadapi bonus demografi tahun 2025, jangan sampai ini menambah persoalan. Saya minta kepada tim TAPD untuk benar – benar mengawal target dan mekanisme pencapaiannya, agar target 2023 semuanya bisa tercapai sebagaimana visi yang kita canangkan yaitu Terwujudnya Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman dan Berkeadaban. Perhatikan penyusunan anggaran tahun 2022, program kegiatan harus betul – betul bisa dirasakan oleh masyarakat,” tutupnya. [] Hari/Diskominfo Kabupaten Bogor

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top