Kab. Bogor

Bupati Bogor pada Musrenbang: 2022, Fokus pada Pencapaian Target Pancakarsa dan Percepatan Pemulihan Ekonomi

Bupati Bogor Ade Yasin dalam Musrenbang tahun 2022, di Gedung Serbaguna I Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Cibinong, Rabu (31/3/2021).

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Untuk mengatasi tiga permasalahan yakni, pertumbuhan ekonomi, kemiskinan dan penggangguran Bupati Bogor Ade Yasin menegaskan, pembangunan daerah tahun 2022 fokus pada pencapaian target Pancakarsa dan percepatan pemulihan ekonomi.

Hal ini ditegaskan Bupati pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2022, yang dihadiri Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor, di Gedung Serbaguna I Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Cibinong, Rabu (31/3/2021).

Musrenbang RKPD tahun 2022 dilakukan juga secara virtual, dihadiri para kepala lembaga dan instansi vertikal di Kabupaten Bogor, para Kepala Perangkat Daerah se-Kabupaten Bogor, para Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Bogor, Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, para ketua organisasi, himpunan, asosiasi, lembaga, ikatan di wilayah Kabupaten Bogor, para pimpinan BUMN dan BUMD di Kabupaten Bogor, pimpinan perusahaan di Kabupaten Bogor, pimpinan perbankan wilayah kerja Kabupaten Bogor.

Baca juga  SAKIP Perangkat Kabupaten Bogor: 6 Perangkat Dapat Nilai BB, 66 Lainnya Nilai B

“Kepada seluruh perangkat daerah, saya perintahkan agar program kegiatan tahun 2022 fokus pada pencapaian target pancakarsa dan percepatan pemulihan ekonomi serta dikaitkan pada tiga permasalahan saat ini yaitu pertumbuhan ekonomi, kemiskinan dan penggangguran,” tandas Ade Yasin.

Menurut Ade, tidak ada lagi pembagian anggaran secara merata untuk semua dinas. Keterbatasan anggaran harus menjadi perhatian bersama agar cermat dalam menetapkan prioritas pengalokasian anggaran.

Perangkat daerah harus memperhatikan target kinerjanya masing-masing agar dapat berkontribusi pada pencapaian tujuan pembangunan secara agregat.

“Saya perintahkan kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk mengawal  fokus program prioritas dengan mengklasterkan berbagai program kegiatan perangkat daerah berdasarkan target pancakarsa dan percepatan pemulihan ekonomi, dan harus secara nyata menjawab tiga permasalahan yaitu pertumbuhan ekonomi, kemiskinan dan penggangguran,” ujarnya.

Baca juga  Koperasi Rancage Harap Program BLT UMKM Rp2,4 Juta Dilanjutkan

Upaya percepatan pemulihan ekonomi akan terasa berat apabila setiap sektor bekerja sendiri-sendiri.

Oleh sebab itu seluruh perangkat daerah dan pemangku kepentingan harus berkolaborasi, mengerahkan segala daya upaya termasuk fokus mengalokasikan minimal 75 persen alokasi belanja daerah di luar gaji dan tunjangan.

“Realisasikan prioritas pembangunan daerah tahun 2022, secara terpadu dan bersinergi antar bidang, baik ekonomi, sosial dan infrastruktur. Saya tekankan agar perencanaan program kegiatan tahun 2022 betul-betul fokus pada hal yang esensial, sesuai skala prioritas untuk menyelesaikan target Pancakarsa dan percepatan pemulihan ekonomi,” tegasnya. [] Hari/Diskominfo Kabupaten Bogor

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top