Bima: 3K, Kunci Solusi Masalah di Seluruh Kota

Bima: 3K, Kunci Solusi Masalah di Seluruh Kota

BOGOR-KITA.com – Walikota Bogor Bima Arya menilai seluruh kota di Indonesia memiliki masalah yang hampir serupa, yaitu perihal penanganan transportasi dan persampahan. Untuk itu, Bima memberikan kunci jawaban untuk membangun  kota, yaitu dengan 3 K,  Konsep, Kolaborasi dan Kepemimpinan.

Menurut Bima, ketiga kunci tersebut diperolehnya setelah ia mengunjungi beberapa provinsi yang ada di Indonesia. Kunci pertama, yaitu Konsep. Kota yang maju adalah kota yang memiliki visi, memiliki konsep, punya rencana dan program.

“Kuncinya adalah punya konsep dulu, kalau tidak ada konsep ya selesai,” papar Bima.

Kunci kedua, sambung Bima, adalah kolaborasi. Bima menjelaskan dalam membangun kota,  semangat membangun tidak hanya di tangan Walikota semata. Tetapi juga perlu kolaborasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dengan aparatur wilayah, dengan Kepala Dinas, juga dengan LPM, RW, RT, dan PKK.

“Semua harus bergerak dengan semangat yang sama,” pesan Bima.

Sementara K ketiga yang tidak kalah penting adalah Kepemimpinan atau Leadership. Pada tahap inilah kepemimpinan itu diuji. Bima mengatakan bahwa sistem tidak akan berjalan tanpa kepemimpinan. Oleh karena itu dirinya berharap pemimpin-pemimpin di Kota Bogor, di semua lini, akan menjadi motor untuk mewujudkan Bogorku bersih.

“Disini saya berharap Pak RT, Pak RW dan LPM tandem berkolaborasi dengan Pak Lurah dan Pak Camat serta tokoh-tokoh PKK,” pinta Bima.

Bima menegaskan bahwa konsep membangun Kota Bogor sudah ada, tinggal bagaimana semua pihak berkolaborasi dan para pemimpin mampu menjadi motor-motor pendorong di lingkungan masing-masing.

“Kita menciptakan program ini jangan hanya sekedar seremonial saja tetapi menjadi trigger rangsangan bagi terjadinya kolaborasi di semua tingkatan,” demikian Bima. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *