Berlari dan Berdonasi Lestarikan Heritage

Berlari dan Berdonasi Lestarikan Heritage

BOGOR-KITA.com – Sebanyak 937 peserta Bogor Heritage Run (BHR) 2016 bersama Walikota Bogor Bima Arya dan Wakil Usmar Hariman bersiap di garis start, depan Kodim 0606 Suryakencana, Jalan Jenderal Sudirman. Tepat pukul 06.30 event lomba lari kali kedua yang menempuh jarak 5 km ini dilepas Komandan Kodim 0606 Muhamad Albar. Dengan melalui rute melewati Sempur, Taman Kencana, Jalan Ciremai, dan Jalan Ahmad Yani, peserta BHR finish kembali di Kodim 0606. Para pelari baik laki-laki, perempuan hingga anak-anak ini tidak semata-mata mencari kemenangan, namun juga ikut berdonasi bagi cagar budaya di Kota Bogor.
Corporate Public Relation Manager PHM Hospitality Khika Meutia Mahardika mengatakan, dana yang terkumpul dari tiket BHR 2016 akan disumbangkan untuk pemugaran, renovasi, hingga pemeliharaan Taman Makam Pahlawan Dredet melalui Kodim 0606. Tahun lalu BHR mampu berdonasi Rp 50 juta bagi renovasi Museum Perjuangan Bogor.
“Untuk jumlah donasinya masih belum tahu karena ada hitung-hitunganya berapa persen dari harga tiket,” ujar Khika.
Acara ini, sambung Khika, memang difokuskan untuk melestarikan warisan budaya atau heritage di sebuah kota lewat ajang lomba lari. Karena alasan itu, pelaksanaan event di tahun berikutnya akan mengambil lokasi di kota lain yang terdapat perwakilan PHM Hospitality serta memiliki potensi kearifan lokal seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, hingga Bali.
“Kami gelar dua kali di Kota Bogor karena potensi kearifan lokalnya masih bisa digali,” terang Kikha.
Sementara itu Walikota Bogor Bima Arya menyampaikan selamat bagi seluruh peserta dan unsur muspida yang ikut lari hingga mencapai finish. Menurut Bima, gelaran BHR yang didukung Putri Pariwisata Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bisa mewujudkan Kota Bogor sebagai kota para pelari (city of runner).
“Tidak hanya kota pelari tapi juga mewujudkan kota heritage dengan melestarikan heritagenya,” pungkas Bima.
Untuk diketahui peserta lari BHR terdiri dari individu 653 orang, beregu 190 orang atau 19 team dan fun run 94 orang. Peserta tidak hanya berasal dari Kota Bogor saja tetapi juga dari Cibinong, Jakarta, Cicalengka, Majalengka, Nagrek, Surabaya, Medan dan bahkan Warga Negara Asing (WNA). Pemenang dipilih lima orang dari individu laki-laki dan perempuan dan tiga pemenang dari tim beregu dan fun run dengan total hadiah Rp 43 juta. Dari BHR tercatat perolehan waktu tercepat adalah 18 menit 40 detik dari peserta bernomor 1291. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *