Bentuk Tanggung Jawab dan Komitmen, PT. MSJ Ganti Pohon Proyek BORR

Bentuk Tanggung Jawab dan Komitmen, PT. MSJ Ganti Pohon Proyek BORR

BOGOR-KITA.com – Tidak kurang dari seribu pohon dari berbagai jenis telah diganti PT. Marga Sarana Jabar (MSJ) sebagai kontraktor proyek pembangunan jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIB sepanjang 2,66 KM ruas Kedung Badak-Simpang Yasmin. Upaya itu dilakukan sebagai dampak dari pembangunan proyek tersebut yang berada di Jalan KH. Soleh Iskandar, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.
Dijelaskan Direktur Utama (Dirut) PT. MSJ, Hendro Atmodjo, Senin (3/4/2017), penggantian pohon-pohon itu sudah mulai berjalan. Untuk melaksanakannya, PT. MSJ berkoordinasi dengan Bidang Pertamanan pada Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Bogor serta Bagian Penelitian dan Pengembangan Kehutanan.

“Pohon-pohon pengganti ini ada sekitar 12 jenis. Diantaranya ada kayu manis, damar, mahoni uganda, sawo emas, dan kenari dengan jumlah yang paling banyak adalah untuk pohon kenari,” jelas Hendro.

Kini, lanjutnya, keseluruh pohon-pohon itu untuk sementara ditempatkan di Ciremai Ujung. Yaitu di tempat milik Bidang Pertamanan Kota Bogor. “Untuk sementara di situ dulu, sebelum nantinya akan ditanam di lokasi-lokasi yang telah ditentukan,” ungkap Hendro.

Selain itu, masih kata Hendro, pihaknya juga sudah melakukan kembali penanaman pohon yang dibowling maupun yang ditebang. Untuk pohon yang ditebang jumlahnya mencapai 32, sementara untuk yang bowling berjumlah 391 pohon.
“Sebelum dibowling, pohon itu terlebih dulu dikarantina. Untuk lokasinya sendiri ada di tiga tempat berbeda. Yaitu di Jalan Regional Ring Road (R3) Katulampa, TPU Kayu Manis, dan TPU Situ Gede,” bebernya.
Jadi, menurut Hendro, semua upaya yang telah dilakukan tersebut selain sebagai bentuk tanggung jawab dan komitmen PT. MSJ soal isu lingkungan dan kepada Pemerintah Kota Bogor, juga untuk menunjukkan bentuk kepedulian pihaknya terhadap ruang terbuka hijau agar selaras dengan program Pemerintah Kota Bogor.
“Jadi, ini juga membuktikan kepada masyarakat Kota Bogor bahwa kami tidak begitu saja membangun proyek jalan tol. Tetapi, kami juga bertanggung jawab atas dampak yang telah ditimbulkan. Ya, salah satunya dengan menanam kembali dan mengganti pohon-pohon yang terdampak itu berkali lipat,” tegasnya. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *