Kota Bogor

Bareng Taman Lain, Alun-alun Kota Bogor Bakal Dibuka Tahun Depan

BOGOR -KITA.com, BOGOR – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan membuka kembali sejumlah fasilitas yang ada di Alun-alun Kota Bogor pada awal tahun.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) Kota Bogor, Juniarti Estiningsih mengatakan, pembukaan kembali Alun-alun Kota Bogor itu berbarengan dengan sejumlah taman yang ada di Kota Bogor.

“Alun-alun sementara ini masih dalam pemeliharaan berkala, Insya Allah nanti setelah tahun baru (dibuka),” ucap Esti, Senin (27/12/2021).

Esti mengungkapkan pembukaan kembali Alun-alun Kota Bogor belum bisa dipastikan kapan, pihaknya akan menyesuaikan dengan kondisi penyebaran Covid-19 di Kota Bogor.

“Kalau kita menunggu petunjuk pak Wali Kota. Kalau misalnya virus corona sudah tidak perlu dikhawatirkan, saya yakin pak wali pasti akan membuka. Termasuk, Taman Sempur juga akan dibuka dan taman-taman lainnya,” ujarnya.

Baca juga  97 Tukang Kerjakan Alun-alun Kota Bogor, Progres Sudah 61,8 Persen

Sebelumnya, lantaran memicu terjadinya kerumunan di masa pandemi Covid-19, Alun-alun Kota Bogor yang dibangun dari anggaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sebesar Rp15 miliar ini akhirnya ditutup sampai waktu yang belum ditentukan.

Menurut Esti, pada akhir pekan lalu Alun-Alun Kota Bogor ramai dikunjungi masyarakat sampai terjadi kerumunan. Apalagi, alun-alun ini masih dalan proses pemeliharaan.

“Alun-alun ini baru selesai, jadi butuh pemeliharaan terlebih dahulu. Apalagi rumput dan tanaman di sini baru kita tanam, khawatir rumput yang baru kita tanam terinjak-injak dan mati,” katanya.

Untuk mengantisipasi terjadi kembali kerumunan, apalagi akses masuk ke alun-alun ada 8 koridor, rencananya Disperumkim Kota Bogor akan menggunakan satu pintu masuk dengan dilengkapi scan barcode aplikasi Peduli Lindungi.

Baca juga  PDAM Menuju Sistem Pelayanan Air Minum Paripurna

“Jadi tidak semua pintu dibuka karena terkait dengan kerawanan juga masih covid-19 nanti kita komunikasikan dengan Dinas Kesehatan dan Kementerian Kesehatan terkait pemasangan aplikasi peduli lindungi yang bisa dipergunakan untuk area terbuka di alun-alun,” jelasnya.

Selain pemeliharaan rumput dan taman, mantan Camat Bogor Barat juga memastikan akan dilakukan penyemprotan disinfektan secara berkala, pembersihan alat-alat sarana bermain, termasuk perawatan alat gym.

Meski sejumlah fasilitas Alun-Alun Kota Bogor belum dapat dimanfaatkan warga untuk sementara waktu, pengunjung masih dapat memasuki area taman khusus untuk sekadar melakukan swafoto.

Selain itu, bagi pengguna KRL Stasiun Bogor dapat mengakses langsung melalui koridor Alun-Alun Kota Bogor. “Alhamdulillah barusan kita sudah memastikan bisa dilalui untuk akses pengguna kareta api. Masyarakat yang mau naik KRL bisa lewat alun-alun,” pungkasnya. [] Ricky

Baca juga  Berdagang Puluhan Tahun, Lapak Warisan Orang Tua Manurung Kena Pembongkaran
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top