Laporan Utama

Bank BJB Siapkan Fasilitas Kredit untuk Warga Miskin Tanpa Agunan

BOGOR-KITA.com –  Bank BJB bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) melalui Dinas Koperasi dan UMKM meluncurkan kredit bagi kalangan mikro bernama kredit Mesra BJB. Sosialisasi kredit terbaru ini disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Dudi Sudrajat kepada wartawan dalam JAPRI#8 di Gedung Sate, Jumat (23/11/2018).

Dudi Sudrajat mengatakan, salah satu masalah dari usaha mikro adalah akses permodalan, sehingga diperlukan skema kredit yang murah dan mudah, bahkan tanpa perlu agunan.

“Kredit mesra ini menjadi salah satu solusinya. Pendekatannya melalui masjid, dimana jamaah masjid yang akan mendapatkan prioritas, dan warga miskin,” jelasnya.

Sementara itu Pemimpin Divisi UMKM Bank bjb Dedy Mulyadi menambahkan, kredit mesra akan diprioritaskan bagi warga miskin terutama di kawasan pinggiran, yang selama ini kesulitan akses modal dari bank.

Baca juga  Sekda Ade Sarip Turun Sidak Ketersediaan Gas Melon untuk Warga Miskin

“Kami memberikan modal senilai Rp 500.000 hingga Rp 5.000.000 per orang, sesuai kebutuhannya, dan dicicil pembayarannya selama maksimal satu tahun,” kata dia.

Kredit ini tidak memerlukan agunan, namun harus diajukan secara berkolompok dari lingkungan masjid dan sekitarnya, antara 5 hingga 10 orang. Selain mendapatkan bantuan modal, penerima kredit juga akan mendapatkan pelatihan keuangan mikro serta pendampingan usaha. [] Admin/Humpro Setda Jabar

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top